icon
Rata
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Akar Gigi Busuk: Gejala, Penyebab, dan Perawatannya/

Akar Gigi Busuk: Gejala, Penyebab, dan Perawatannya

Akar Gigi Busuk: Gejala, Penyebab, dan Perawatannya
dok. Envato

Akar gigi busuk adalah masalah gigi yang cukup serius akibat gigi berlubang yang tidak ditangani dengan baik. Akar gigi busuk terjadi ketika bakteri menginfeksi bagian bawah gigi atau area yang tertanam dalam gusi. Kondisi akar gigi busuk terjadi karena pada bagian bawah gigi mengandung pembuluh darah dan saraf penting yang dapat tersendat karena bakteri.


Biasanya, jika akar gigi kamu busuk, maka kamu akan merasakan nyeri pada gigi dan pembengkakan pada gusi yang bisa sampai bernanah, dan sering kali disertai demam. Selain itu, kondisi ini bisa menyebabkan rasa tidak nyaman saat mengunyah makanan dan meningkatkan sensitivitas terhadap makanan atau minuman dingin.


Gejala Akar Gigi Busuk

Berikut adalah tanda-tanda yang akan kamu alami ketika akar gigi mulai membusuk. 


1. Nyeri Gigi 

Rasa nyeri dan ngilu pada gigi adalah gejala utama dari akar gigi busuk. Nyeri ini biasanya muncul saat mengunyah atau ketika gigi terkena makanan atau minuman panas atau dingin.


2. Pembengkakan Gusi

Gusi di sekitar gigi yang terinfeksi sering kali membengkak, menjadi merah, bahkan mengeluarkan nanah. Pembengkakan gusi bisa menyebabkan rasa tidak nyaman dan terkadang disertai dengan rasa sakit yang berdenyut.


3. Demam

Infeksi pada akar gigi dapat menyebabkan demam sebagai respons tubuh terhadap bakteri. Demam ini adalah tanda bahwa tubuh sedang berusaha melawan infeksi.


Baca juga: Perawatan Saluran Akar Gigi (PSA): Pengertian, Fungsi dan Prosedur


Penyebab Akar Gigi Busuk

Berikut adalah kebiasaan-kebiasaan buruk dalam merawat gigi atau masalah pada gigi yang dibiarkan menyebabkan akar gigi membusuk. 


1. Karies Gigi yang Tidak Diobati



Gigi berlubang yang tidak segera ditangani dapat menyebabkan infeksi menyebar ke akar gigi. Bakteri yang terus berkembang biak di dalam lubang gigi akan menginfeksi jaringan di sekitar akar gigi.


2. Tidak Merawat Gigi dengan Baik

Kebiasaan buruk seperti jarang menyikat gigi dan tidak rutin kontrol gigi setiap 6 bulan sekali, memungkinkan bakteri menumpuk dan menyebabkan akar gigi membusuk.


3. Kerusakan Gigi yang Dibiarkan

Cedera atau benturan pada gigi dapat menyebabkan retakan atau kerusakan yang memungkinkan bakteri masuk dan menginfeksi akar gigi. Cedera ini bisa berasal dari kecelakaan atau kebiasaan mengunyah benda keras.


4. Peradangan Gusi

Peradangan gusi seperti gingivitis atau periodontitis dapat menyebabkan jaringan di sekitar gigi melemah dan terinfeksi. Jika tidak diobati, infeksi ini dapat menyebar ke akar gigi dan menyebabkan akar gigi busuk.


Baca juga: Berapa Kali Perawatan Saluran Akar Gigi? Cari Tahu di Sini!


Merawat Akar Gigi Busuk



Akar gigi busuk membutuhkan perawatan khusus agar kondisinya dapat membaik dan tidak menyebabkan komplikasi gigi yang lebih lanjut, berikut adalah beberapa cara merawat akar gigi busuk yang bisa kamu lakukan. 


  1. Menjaga kebersihan mulut dengan menyikat gigi minimal dua kali sehari

  2. Menghindari konsumsi makanan dan minuman manis serta asam yang dapat merusak gigi

  3. Gunakan obat kumur antiseptik untuk membantu membunuh bakteri penyebab akar gigi busuk

  4. Rutin kontrol kondisi gigi, gusi, dan mulut setiap 6 bulan sekali untuk membantu mendeteksi masalah pada akar gigi sejak dini dan mencegah komplikasi lebih lanjut

  5. Perawatan Saluran Akar Gigi (Root Canal Treatment). Prosedur ini membersihkan bagian dalam gigi dan mencegah penyebaran infeksi.


Jika kamu tertarik untuk mengecek kondisi akar gigi atau mulai perawatan saluran akar gigi (root canal treatment) di Rata, kamu bisa langsung buat jadwal dengan dokter gigi Rata dengan menghubungi Instagram @rata.id atau datang langsung ke Klinik Rata berikut ini. 


Rekomendasi Klinik Gigi & Clear Aligners Terdekat

Cari tahu daftar alamat Klinik Rata terdekat di sekitarmu jika ingin berkonsultasi dengan dokter gigi, ya!


Rata.id Clinic Center | Klinik Gigi & Clear Aligners

Kunjungi dokter gigi Rata terdekat di Pakubuwono, Kebayoran Baru untuk konsultasi mengenai perawatan aligner gigi atau masalah kesehatan gigi dan mulut lainnya.


Alamat: Jl. Pakubuwono VI No.71, RT.11/RW.2, Gunung, Kebayoran Baru, Jakarta, 12120


Smile Dental Clinic Gunawarman

Mencari klinik gigi di sekitar Jakarta Selatan? Smile Dental Clinic Gunawarman akan menawarkan pengalaman konsultasi dokter gigi yang lebih menyenangkan!


Alamat: Jl. Gunawarman No.75 3, RT.3/RW.7, Rw. Bar., Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12180


Rata.id Surabaya, Jawa Timur | Klinik Gigi & Clear Aligners

Tinggal di luar Jabodetabek? Tenang! Klinik Rata juga tersedia di area kota Surabaya dan sekitarnya. Kunjungi dokter gigi Rata di alamat berikut, ya.


Alamat: Jl. Indragiri No.48-A, RT.015/RW.06, Darmo, Kec. Wonokromo, Surabaya, Jawa Timur 60241


komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar