icon
Rata
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Before and After Perawatan Open Bite (Gigitan Terbuka) /

Before and After Perawatan Open Bite (Gigitan Terbuka)

before after perawatan open bite dengan clear aligners Rata
dok. Rata Indonesia

Apakah kamu pernah melihat kondisi gigi seperti pada gambar di atas? Atau mungkin kamu sendiri mengalaminya? Kondisi ini dikenal dengan kasus open bite. Yuk, kita bahas lebih lanjut!


Kondisi gigi setiap orang memang berbeda-beda. Ada yang memiliki susunan gigi yang tertata dengan baik. Meski begitu, ada juga yang mengalami maloklusi atau kondisi gigi berantakan. Di antaranya, gigi berdesakan atau crowding, gigi terlalu maju atau mundur pada salah satu rahang, dan gigitan dalam (deep bite). 


Di samping itu, terdapat juga kasus gigi open bite. Lebih lengkap mengenai kondisi dan klasifikasinya, berikut informasi selengkapnya!


Baca juga: Open Bite (Gigitan Terbuka): Pengertian, Penyebab, dan Perawatan


Jenis-Jenis Gigi Open Bite

Memahami penyebab dan jenis maloklusi yang dialami sangat penting untuk menentukan perawatan yang tepat. Yuk, kenali berbagai jenis atau klasifikasi  

gigi open bite berikut ini.


1. Dento-alveolar Open Bite

Gigitan terbuka yang disebabkan oleh gangguan pertumbuhan gigi. Contohnya termasuk over erupsi pada gigi belakang atau kurangnya erupsi pada gigi depan. Biasanya, faktor lingkungan memainkan peran utama dalam kondisi ini. Adapun kemungkinan penyebab lainnya, yaitu kebiasaan menghisap jari atau bibir, bernapas melalui mulut, dan mendorong lidah.


2. Skeletal Open Bite

Gigitan terbuka ini terjadi akibat pertumbuhan tulang rahang atas atau bawah yang tidak normal, sering kali disebabkan oleh faktor genetik.


3. Posterior Open Bite

Kondisi di mana gigi bagian belakang atas dan bawah tidak bertemu, menyebabkan celah atau gigitan terbuka di bagian belakang mulut.


4. Anterior Open Bite

Gigitan terbuka yang terjadi ketika gigi depan bagian atas dan bawah tidak bertemu atau tidak overlap. Terdapat dua jenis anterior open bite, yaitu skeletal anterior open bite yang disebabkan oleh struktur tulang rahang, dan dental anterior open bite yang disebabkan oleh posisi atau pertumbuhan gigi.


Baca juga: Ringan, Sedang, dan Berat, Mana Tingkat Keparahan Gigi Berjejal


Perbedaan Open Bite dan Overbite


Perbedaan overbite (gigi tonggos) dan kasus open bite.


Sedikit informasi mengenai perbedaan overbite dengan open bite (seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas), gigi overbite umumnya dikenal dengan gigi tonggos. Kondisi ini terjadi ketika posisi gigi atas lebih maju dibandingkan gigi bawah. Sedangkan, gigi open bite merujuk pada kondisi gigi atas dan bawah yang  tidak bertemu sempurna, karena terdapat celah vertikal antara gigi-gigi tersebut.


Definisi dan Gejala

  • Open Bite (Gigitan Terbuka)

Open bite terjadi ketika gigi atas dan bawah tidak bertemu saat mulut ditutup, menyebabkan celah terbuka. Gejala umumnya termasuk kesulitan dalam menggigit atau mengunyah makanan, serta gangguan dalam pengucapan kata-kata tertentu.

  • Overbite (Gigi Tonggos)

Overbite terjadi ketika gigi atas menutupi gigi bawah secara berlebihan saat mulut ditutup. Ini sering menyebabkan gigi atas tampak lebih maju, dan gejala meliputi ketidaknyamanan saat menggigit, serta peningkatan risiko kerusakan gigi depan.


Penyebab

  • Open Bite

Penyebab open bite meliputi faktor lingkungan seperti kebiasaan mengisap jari atau penggunaan empeng yang berlebihan selama masa kanak-kanak, serta faktor genetik yang mempengaruhi pertumbuhan vertikal tulang rahang.

  • Overbite

Overbite biasanya disebabkan oleh faktor genetik yang mengakibatkan perbedaan ukuran antara rahang atas dan bawah. Kebiasaan buruk seperti mengisap jempol atau mendorong gigi dengan lidah juga dapat berkontribusi pada perkembangan overbite.


Dampak dan Perawatan

  • Open Bite

Dampak dari open bite termasuk kesulitan dalam mengunyah makanan, masalah estetika, dan gangguan bicara. Perawatan dapat mencakup penggunaan alat ortodontik seperti braces dan clear aligners, serta terapi kebiasaan untuk menghilangkan faktor-faktor lingkungan penyebab.

  • Overbite

Overbite dapat menyebabkan keausan pada gigi bawah, nyeri rahang, dan masalah estetika. Perawatan biasanya melibatkan penggunaan braces atau aligner untuk mengoreksi posisi gigi, dan dalam beberapa kasus, mungkin memerlukan pembedahan ortognatik untuk memperbaiki struktur rahang.


Baca juga: Tanpa Behel, Ini Cara Atasi Gigi Maju dan Berantakan? Simak Hasilnya!


Perawatan Gigi Open Bite dengan Clear Aligners™ Rata

Perawatan gigi open bite yang efektif salah satunya adalah dengan menggunakan Clear Aligners™ Rata. Aligner Rata memiliki desain transparan yang tidak mengganggu penampilan. Clear Aligners™ membantu meratakan gigi dalam waktu singkat, antara 3 hingga 6 bulan* dengan cara memberikan tekanan lembut untuk menggeser gigi ke posisi yang diinginkan.



Jika kamu tertarik mencoba Clear Aligners™ Rata, langkah pertama yang perlu kamu ambil adalah berkonsultasi dengan dokter gigi Rata yang berpengalaman. Klinik Rata menawarkan konsultasi gratis untuk membahas pemakaian aligner yang tepat untukmu. Jadi, jangan ragu untuk menjadwalkan konsultasi online di Klinik Rata sekarang juga ya!


Rekomendasi Klinik Gigi & Clear Aligners Terdekat

Cari tahu daftar alamat Klinik Rata terdekat di sekitarmu jika ingin berkonsultasi dengan dokter gigi, ya!


Rata.id Clinic Center | Klinik Gigi & Clear Aligners

Kunjungi dokter gigi Rata terdekat di Pakubuwono, Kebayoran Baru untuk konsultasi mengenai perawatan aligner gigi atau masalah kesehatan gigi dan mulut lainnya.


Alamat: Jl. Pakubuwono VI No.71, RT.11/RW.2, Gunung, Kebayoran Baru, Jakarta, 12120


Smile Dental Clinic Gunawarman

Mencari klinik gigi di sekitar Jakarta Selatan? Smile Dental Clinic Gunawarman akan menawarkan pengalaman konsultasi dokter gigi yang lebih menyenangkan!


Alamat: Jl. Gunawarman No.75 3, RT.3/RW.7, Rw. Bar., Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12180


Rata.id Surabaya, Jawa Timur | Klinik Gigi & Clear Aligners

Tinggal di luar Jabodetabek? Tenang! Klinik Rata juga tersedia di area kota Surabaya dan sekitarnya. Kunjungi dokter gigi Rata di alamat berikut, ya.


Alamat: Jl. Indragiri No.48-A, RT.015/RW.06, Darmo, Kec. Wonokromo, Surabaya, Jawa Timur 60241



komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar