icon
Rata
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Gigi Susu Anak Goyang? Begini Cara Mencabut Gigi Anak!/

Gigi Susu Anak Goyang? Begini Cara Mencabut Gigi Anak!

cara mencabut gigi anak
dok. Rata Indonesia


Seiring bertambah usia anak, gigi susu akan mengalami pergantian. Hal ini ditandai dengan goyangnya gigi susu yang membuat para orang tua ingin mencabut gigi anak secara mandiri. Namun, apakah mencabut gigi anak boleh dilakukan tanpa bantuan tenaga medis? 

Bolehkah mencabut gigi anak tanpa ke klinik gigi? 

Pada umumnya, gigi susu akan lepas dengan sendirinya dan tergantikan dengan gigi permanen. Namun, bagaimana caranya jika gigi susu tidak kunjung lepas?

Jika hal ini terjadi, orang tua dapat melakukannya sendiri di rumah dengan beberapa perhatian khusus. Anda perlu melakukannya dengan tepat dengan memperhatikan beberapa hal tersebut. 

Syarat mencabut gigi anak sendiri

Pastikan setidaknya tiga syarat ini sebelum mencabut gigi anak yang sudah goyang tanpa bantuan dokter gigi.

1. Usia anak di atas enam tahun

Mencabut gigi anak terlalu dini dapat menyebabkan gigi permanen tumbuh kurang maksimal. Maka dari itu, hindari mencabut gigi anak jika masih di bawah enam tahun. Namun, jika anak mengalami sakit gigi atau gigi goyang sebelum usia enam tahun, segera periksakan ke dokter gigi. 


Baca juga: Parents Harus Tahu! Ini Daftar Perawatan Gigi untuk Anak di Klinik

2. Gigi susu benar-benar goyang 

Sebelum mencabut gigi susu anak, pastikan sudah benar-benar goyang. Anda dapat memastikan gigi susu anak bisa didorong menggunakan lidah atau jari, dan tidak menimbulkan rasa sakit. Tingkat goyangnya pun sudah parah, yakni bisa digoyangkan ke kanan, kiri, depan, maupun ke belakang. 


Saat gigi susu sudah tercabut, pastikan juga sudah tercabut hingga akar gigi dan tidak ada yang tersisa. Namun, jangan memaksakan gigi susu yang belum bisa dilepas sepenuhnya, karena bisa menjadi sumber infeksi dan bakteri. 

3. Gigi goyang bukan karena kecelakaan

Jika penyebab gigi goyang karena kecelakaan, Anda perlu bantuan dokter gigi untuk pencabutan gigi. Hal ini dapat menimbulkan komplikasi serius, jika dilakukan secara mandiri.


Baca juga: Penyebab Gigi Permanen Tumbuh di Belakang Gigi Susu Anak 

5 cara mencabut gigi anakdi rumah

Anak sudah memenuhi syarat untuk cabut gigi mandiri? Berikut beberapa cara mencabut gigi anak supaya tidak sakit.


  1. Bersihkan tangan sebelum mencabut gigi untuk mencegah masuknya bakteri ke dalam bekas luka cabut gigi. 

  2. Tempelkan es batu di area sekitar gigi yang dicabut selama beberapa menit. 

  3. Tarik gigi secara memutar dengan bantuan tisu. Jika gigi tidak kunjung lepas, maka belum saatnya gigi susu untuk tanggal.

  4. Anda juga bisa menggunakan kain kasa yang dibalutkan ke jari agar tidak licin saat memegang gigi dan mencabutnya dengan cepat dalam sekali dorong. Cara ini dapat mengurangi rasa sakit pada anak, namun harus dilakukan secara berhati-hati. 

  5. Anda juga dapat meminta si kecil untuk mencabut giginya sendiri. Jangan lupa memastikan mereka berani melakukannya. Anak bisa diminta untuk mendorong lidah atau menggoyangkan gigi dengan jari hingga terlepas. 


Akan tetapi, jika anak masih merasa kesakitan saat cabut gigi maka jangan dipaksakan dan segera kunjungi dokter gigi untuk konsultasi tindakan yang lebih tepat. Prosedur cabut gigi akan jauh lebih aman dengan bantuan dokter gigi. 


Anda bisa mengajak si kecil ke klinik gigi kami dan konsultasi kondisi gigi mereka. Jangan lupa kunjungan rutin setiap enam bulan sekali ke dokter gigi, untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut anak. 


Silakan kunjungi website www.rata.id atau follow Instagram @rata.id untuk informasi lebih lanjut. 


Rekomendasi Klinik Gigi & Clear Aligners Terdekat

Cari tahu daftar alamat Klinik Rata terdekat di sekitarmu jika ingin berkonsultasi dengan dokter gigi, ya!


Rata.id Clinic Center | Klinik Gigi & Clear Aligners

Kunjungi dokter gigi Rata terdekat di Pakubuwono, Kebayoran Baru untuk konsultasi mengenai perawatan aligner gigi atau masalah kesehatan gigi dan mulut lainnya.


Alamat: Jl. Pakubuwono VI No.71, RT.11/RW.2, Gunung, Kebayoran Baru, Jakarta, 12120


Smile Dental Clinic Gunawarman

Mencari klinik gigi di sekitar Jakarta Selatan? Smile Dental Clinic Gunawarman akan menawarkan pengalaman konsultasi dokter gigi yang lebih menyenangkan!


Alamat: Jl. Gunawarman No.75 3, RT.3/RW.7, Rw. Bar., Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12180


Rata.id Surabaya, Jawa Timur | Klinik Gigi & Clear Aligners

Tinggal di luar Jabodetabek? Tenang! Klinik Rata juga tersedia di area kota Surabaya dan sekitarnya. Kunjungi dokter gigi Rata di alamat berikut, ya.


Alamat: Jl. Indragiri No.48-A, RT.015/RW.06, Darmo, Kec. Wonokromo, Surabaya, Jawa Timur 60241




komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar