icon
Rata
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Hal yang Perlu Diperhatikan Setelah Jahit Gusi Pasca Cabut Gigi/

Hal yang Perlu Diperhatikan Setelah Jahit Gusi Pasca Cabut Gigi

Hal yang Perlu Diperhatikan Setelah Jahit Gusi Pasca Cabut Gigi
Envato

Pencabutan gigi bungsu biasanya memang memerlukan jahitan pada gusi setelahnya. Jahitan ini pada dasarnya digunakan untuk menyatukan kembali jaringan gusi yang dipotong ketika proses pencabutan gigi.

Jahitan gusi membantu penyembuhan sayatan dengan baik dan melindungi area tersebut dari infeksi. Baca artikel ini untuk mengetahui lebih lanjut tentang fungsi jahitan gusi, kapan waktu yang tepat untuk melepas jahitannya serta cara merawatnya.


Baca juga: Fakta Seputar Gigi Bungsu: Gejala, Penyebab & Pengobatannya


Fungsi Jahit Gusi Setelah Cabut Gigi


Saat kamu menjalani prosedur pencabutan gigi, terutama gigi bungsu, dokter bedah mulut biasanya akan melakukan penjahitan pada gusi. Jahit gusi ini memiliki beberapa fungsi penting yang sangat bermanfaat untuk proses penyembuhan. 

  1. Jahitan pada gusi membantu menghentikan pendarahan dengan menutup luka bekas pencabutan gigi. 

  2. Jahitan menjaga agar jaringan gusi tetap pada tempatnya, sehingga dapat menyatu kembali dengan baik. 

  3. Jahitan mencegah masuknya makanan dan bakteri ke dalam luka, yang bisa menyebabkan infeksi.


Jahit gusi berperan penting dalam memastikan proses penyembuhan berjalan lancar dan mencegah komplikasi setelah pencabutan gigi. Jadi, jangan khawatir jika kamu perlu menjalani penjahitan gusi, karena ini adalah bagian dari upaya untuk mempercepat pemulihan.


Baca juga: Bisakah Gigi Geraham Bungsu Mempengaruhi Perawatan Ortodonti?


Kapan Harus Melepas Jahitan Setelah Cabut Gigi?



Sebenarnya, jahitan pada gusi setelah kamu cabut gigi akan menghilang dengan sendirinya. Dokter bedah mulut biasanya menggunakan bahan jahitan yang larut atau mudah menyatu dengan gusi kamu.


Jahitan yang larut biasanya akan hilang dalam beberapa minggu. Mungkin membutuhkan waktu hingga sebulan atau lebih sebelum jahitan kamu benar-benar larut. Ini ditentukan oleh beberapa faktor, termasuk:


  1. Seberapa luas prosedur pencabutan gigi

  2. Ukuran dan jenis jahitan

  3. Bahan jahitan yang digunakan


Dalam beberapa kasus, dokter mungkin menggunakan jahitan yang tidak larut dengan sendirinya. Jika ini terjadi, dokter akan memberitahu kamu kapan harus kembali untuk melepas jahitan. Jahitan yang bisa dilepas biasanya diambil 7 hingga 10 hari setelah operasi.


Hal yang Perlu Kamu Perhatikan Setelah Jahit Gusi

Lakukan beberapa tips berikut agar benang yang telah dijahit tidak terlepas sebelum waktunya. Tips ini juga berguna agar gusi yang baru dijahit tidak mengalami infeksi.

1. Menjaga Kebersihan Mulut 

Setelah jahit gusi, penting bagi kamu untuk menjaga kebersihan mulut dengan baik. Sikat gigi dengan lembut dan hindari area jahitan agar tidak iritasi. Gunakan obat kumur yang direkomendasikan oleh dokter untuk mencegah infeksi.

2. Memperhatikan Makanan yang Dikonsumsi

Pilih makanan yang lembut dan mudah dikunyah untuk sementara waktu. Hindari makanan yang keras, pedas, atau panas yang bisa mengganggu jahitan dan menghambat proses penyembuhan. Pastikan juga untuk minum banyak air agar tetap terhidrasi.


Baca juga: Gigi Bungsu Tumbuh Miring, Berbahaya atau Tidak?

3. Pemantauan dan Perawatan Jahitan




Perhatikan tanda-tanda infeksi seperti bengkak yang berlebihan, rasa sakit yang tidak kunjung hilang, atau keluarnya nanah. Jika kamu mengalami gejala-gejala ini, segera hubungi dokter gigi untuk penanganan lebih lanjut. Selain itu, ikuti semua instruksi dan jadwal kontrol yang diberikan oleh dokter untuk memastikan penyembuhan berjalan dengan baik.


Jika kamu tertarik untuk melakukan prosedur pencabutan gigi bungsu di Rata, kamu bisa langsung buat jadwal dengan dokter gigi Rata dengan menghubungi Instagram @rata.id atau datang langsung ke Klinik Rata berikut ini. 


Rekomendasi Klinik Gigi & Clear Aligners Terdekat

Cari tahu daftar alamat Klinik Rata terdekat di sekitarmu jika ingin berkonsultasi dengan dokter gigi, ya!


Rata.id Clinic Center | Klinik Gigi & Clear Aligners

Kunjungi dokter gigi Rata terdekat di Pakubuwono, Kebayoran Baru untuk konsultasi mengenai perawatan aligner gigi atau masalah kesehatan gigi dan mulut lainnya.


Alamat: Jl. Pakubuwono VI No.71, RT.11/RW.2, Gunung, Kebayoran Baru, Jakarta, 12120


Smile Dental Clinic Gunawarman

Mencari klinik gigi di sekitar Jakarta Selatan? Smile Dental Clinic Gunawarman akan menawarkan pengalaman konsultasi dokter gigi yang lebih menyenangkan!


Alamat: Jl. Gunawarman No.75 3, RT.3/RW.7, Rw. Bar., Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12180


Rata.id Surabaya, Jawa Timur | Klinik Gigi & Clear Aligners

Tinggal di luar Jabodetabek? Tenang! Klinik Rata juga tersedia di area kota Surabaya dan sekitarnya. Kunjungi dokter gigi Rata di alamat berikut, ya.


Alamat: Jl. Indragiri No.48-A, RT.015/RW.06, Darmo, Kec. Wonokromo, Surabaya, Jawa Timur 60241


komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar