icon
Rata
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Parents, Ini Nutrisi Penting untuk Pertumbuhan Gigi Anak/

Parents, Ini Nutrisi Penting untuk Pertumbuhan Gigi Anak

Apa saja nutrisi untuk gigi? Vitamin untuk pertumbuhan gigi anak. Untuk pertumbuhan gigi yang sehat diperlukan makanan yang cukup mengandung.
Envato Elements

Pemberian makanan dan minuman kaya nutrisi merupakan salah satu hal penting di masa pertumbuhan gigi anak. Selain menjaga nutrisi makanan dan minuman si kecil, membatasi makanan dan minuman manis juga perlu dilakukan, agar tidak merusak gigi mereka.


5 Makanan Penting untuk Kesehatan Gigi Anak 

Nutrisi seperti kalsium, fosfor, serta vitamin A, C, D, dan E berperan penting untuk kesehatan gigi dan gusi anak. Berikut beberapa makanan dan minuman yang dapat membantu kesehatan gigi dan mulut anak. 


1. Apel 

Mengonsumsi 1 buah apel setiap harinya sangat baik untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut anak. Apel mengandung vitamin C yang berperan penting memproduksi kolagen untuk membentuk jaringan gusi yang kuat. Selain itu, kandungan nutrisi lainnya pada apel berfungsi membersihkanplak gigi dan meningkatkan produksi air liur. Maka, jika si kecil rajin mengonsumsi apel, risiko terbentuknya gigi berlubang dapat berkurang. 


2. Jeruk


Kandungan vitamin C pada jeruk juga tidak kalah banyaknya. Vitamin C merupakan sumber antioksidan yang dapat mencegah kerusakan gigi dan gusi yang disebabkan oleh radikal bebas. Kekurangan vitamin C juga membuat si kecil rentan pada sariawan dan gusi berdarah. 


3. Seledri

Selain menjadi pelengkap hidangan makanan, seledri ternyata memiliki manfaat penting pada kesehatan gigi dan mulut anak. Anda dapat mengajak si kecil mengunyah batang seledri untuk merangsang kelenjar air liur anak dan menetralkan bakteri pada mulut. Tekstur keras pada batang seledri juga dapat membantu menghilangkan plak dan sisa makanan yang membandel, serta meningkatkan kesehatan gusi anak.


Baca juga: Parents, Catat 10 Penyebab Gigi Gigis pada Anak Berikut! 


4. Sayuran hijau 

Membiasakan anak mengonsumsi sayur-sayuran hijau sedini mungkin juga baik untuk kesehatan gigi dan mulut mereka. Sayuran hijau seperti bayam, pakcoy, dan brokoli mengandung kalsium untuk membentuk enamel gigi. Enamel gigi yang kuat dapat memelihara kesehatan gigi lebih optimal. 


5. Buah beri 

Berbagai buah beri seperti stroberi, blueberry, raspberry, dan cranberry mengandung antioksidan dan antosianin yang dapat melawan radikal bebas. Antosianin berfungsi mencegah pertumbuhan plak dan bakteri pada gigi dengan menghambat kerja enzim yang dihasilkan bakteri. Karenanya, buah beri menjadi salah satu cara untuk mencegah gigi berlubang.


Baca juga: 5 Perawatan Gigi Anak di Rumah Cegah Karies Gigi


Kebiasaan Makan untuk Kesehatan Gigi Anak 

Selain menjaga nutrisi makanan dan minuman anak, pembentukan kebiasaan makan juga berperan penting dalam menjaga kesehatan gigi anak. Berikut beberapa hal utama yang dapat mendukung kesehatan gigi dan mulut si kecil. 


1. Frekuensi Makan 

Mengatur frekuensi makan anak sangat penting untuk kesehatan gigi dan mulut mereka. Setiap anak makan atau minum yang mengandung gula atau karbohidrat, bakteri di mulutnya dapat berubah menjadi asam yang menyerang enamel gigi. Pembatasan konsumsi gula harian dapat membantu orang tua mencegah asam pembentuk bakteri. 


2. Selalu bersihkan gigi setelah makan 

Idealnya, anak menyikat gigi dua kali sehari setelah sarapan dan sebelum tidur. Menyikat gigi setelah makan berfungsi untuk menghilangkan sisa makanan dan plak gigi yang dapat membentuk karies gigi


3. Batasi makanan dan minuman tertentu 

Makanan yang lengket seperti permen dapat melekat pada gigi dan sulit dibersihkan. Makanan keras seperti menggigit es batu juga bukan kebiasaan yang baik, karena dapat menyebabkan kerusakan pada gigi. Minuman seperti soda juga sebaiknya dihindari, karena mengandung asam yang dapat melemahkan enamel gigi. 


Itulah beberapa cara yang dapat mendukung pertumbuhan gigi anak agar lebih optimal. Jangan lupa untuk rutin ke dokter gigi setiap enam bulan sekali sebagai deteksi dini masalah gigi anak. 


Segera jadwalkan kedatangan si kecil ke Klinik Rata! Cek website Rata dan Instagram @rata.id untuk info lengkap. Hubungi tim Rata dengan klik tombol WhatsApp di bawah layar, ya!


Baca juga: Parents, Ini Waktu yang Tepat Ajak Anak ke Dokter Gigi


Rekomendasi Klinik Gigi & Clear Aligners Terdekat


Rata.id Senayan | Klinik Gigi & Clear Aligners

Kunjungi dokter gigi Rata terdekat di Senayan untuk konsultasi mengenai perawatan aligner gigi atau masalah kesehatan gigi dan mulut lainnya.


Alamat: Rukan Perumahan Senayan, Jl. Tentara Pelajar, RT.1/RW.7, North Grogol, Kebayoran Lama, Jakarta, 12210


Rata.id Gading Serpong, BSD | Klinik Gigi & Clear Aligners

Mencari klinik gigi di BSD? Klinik Rata Gading Serpong hadir untuk menjawab kebutuhan akan kesehatan gigi dan mulut kamu. Jangan sungkan untuk berkonsultasi mengenai perawatan untuk meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Aligners™ Rata, ya!


Alamat: Ruko Mendrisio 2, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong, Banten, Kelapa Dua, Banten 15810


Rata.id Surabaya, Jawa Timur | Klinik Gigi & Clear Aligners

Tinggal di luar Jabodetabek? Tenang! Klinik Rata juga tersedia di area kota Surabaya dan sekitarnya. Kunjungi dokter gigi Rata di alamat berikut, ya.


Alamat: Jl. Biliton No.43, RT.002/RW.07, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60281



komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar