icon
Rata
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Open Bite (Gigitan Terbuka): Pengertian, Penyebab, dan Perawatan/

Open Bite (Gigitan Terbuka): Pengertian, Penyebab, dan Perawatan

Open Bite (Gigitan Terbuka): Pengertian, Penyebab, dan Perawatan
dok. Rata Indonesia


Gigi open bite adalah salah satu jenis maloklusi (kasus gigi berantakan) yang umum ditemui, walau mungkin terdengar asing bagi kamu. Namun, memahami kondisi ini sangat penting, terutama bagi kamu yang mengalami kesulitan dalam menggigit atau mengunyah. Yuk, ketahui apa itu gigi open bite, penyebab, dan cara meratakannya. 

Apa Itu Gigi Open Bite?

Dalam bidang kedokteran gigi, open bite diidentifikasi sebagai salah satu jenis maloklusi, di mana gigi atas dan bawah tidak bertemu sempurna, sehingga menyisakan ruang terbuka saat mulut ditutup. Hal ini tampak sebagai celah vertikal antara gigi-gigi tersebut. Kadang-kadang, kondisi ini hanya melibatkan gigi depan, namun dalam beberapa kasus, dapat memengaruhi gigi samping juga.


Penting untuk diketahui bahwa open bite bukan hanya berpengaruh pada penampilan gigi kamu. Tapi, kondisi ini bisa menyebabkan berbagai masalah, termasuk kesulitan dalam menggigit dan mengunyah makanan, serta mempengaruhi cara kamu berbicara. 


Dalam jangka panjang, open bite yang tidak diatasi dapat meningkatkan risiko masalah gigi dan gusi, serta menyebabkan keausan gigi yang tidak merata. 


Baca juga: Cara Meratakan Gigi Berantakan (Maloklusi) dan Foto Before After Perawatan

Penyebab Gigi Open Bite

Berikut lima penyebab gigi open bite yang mungkin kamu alami:

1. Kebiasaan Mengisap Jempol

Saat kecil, kamu mungkin suka mengisap jempol. Kebiasaan ini bisa jadi mempengaruhi posisi gigi kamu dan meningkatkan risiko kasus gigi open bite.

2. Menggunakan Dot atau Empeng Terlalu Lama

Serupa dengan kebiasaan mengisap jempol, menggunakan dot atau empeng hingga usia yang lebih tua dapat menyebabkan open bite

3. Kelainan Genetik

Kasus gigi open bite juga dapat dipengaruhi berdasarkan keturunan. Kamu mungkin mewarisi struktur rahang atau pola pertumbuhan gigi dari orang tua dengan kondisi yang serupa.

4. Kebiasaan Menjulurkan Lidah

Jika kamu sering menjulurkan lidah saat menelan atau berbicara, kondisi ini ternyata bisa menyebabkan gigi kamu tidak bertemu dengan sempurna. 

5. Masalah Pertumbuhan Rahang

Pertumbuhan rahang yang tidak normal atau tidak seimbang dapat membuat gigi atas dan bawah tidak saling bertemu.


Baca juga: Ringan, Sedang, dan Berat, Mana Tingkat Keparahan Gigi Berjejal?

Gejala dan Tanda Gigi Open Bite

Gigi open bite mungkin tidak mudah kamu kenali pada tahap awal, tetapi ada beberapa tanda utama yang bisa membantu kamu mengidentifikasinya.

1. Gigi Tidak Bertemu

Jika gigi atas dan bawah kamu tidak bertemu dengan sempurna, terutama gigi depan yang memiliki celah saat mulut ditutup, ini bisa menjadi tanda gigi open bite.

2. Kesulitan Menggigit dan Mengunyah

Kamu mungkin merasa sulit menggigit dan mengunyah makanan jika memiliki gigi open bite, karena rahang gigi atas dan bawah tidak tertutup secara tepat.

3. Masalah Pengucapan

Mengucapkan beberapa suara, seperti 's' dan 'th', bisa menjadi sulit bagi kamu yang memiliki gigi open bite, karena posisi gigi yang tidak ideal.

4. Ketidaknyamanan Mulut

Gigi open bite bisa menyebabkan ketidaknyamanan di mulut, terutama jika ada tekanan yang tidak merata pada gigi saat menggigit atau mengunyah.

5. Perubahan Penampilan Wajah

Dalam kasus yang parah, gigi open bite dapat memengaruhi penampilan wajah kamu, terutama dari samping, karena rahang yang tidak sejajar bisa menyebabkan perubahan estetika yang signifikan.


Baca juga: Ternyata Susunan Gigi Memengaruhi Bentuk Wajah! Ini Penjelasannya

Perawatan Gigi Open Bite

*Before after perawatan open bite dengan Clear Aligners™ Rata


Perawatan gigi open bite digunakan untuk meratakan gigi bagian atas dan bawah kamu agar dalam posisi yang sejajar dan dapat kembali bersentuhan, sehingga tidak menyebabkan bagian terbuka pada gigi kamu. 


Clear Aligner™ Rata dapat menjadi cara penanganan gigi open bite dengan lebih cepat, 3-6 bulan*. Clear Aligner™ Rata transparan dan tidak mengganggu penampilan. Cara kerja Clear Aligners™ Rata adalah dengan memberikan tekanan untuk menggerakkan gigi kamu ke posisi yang ideal. 


Semakin tertarik untuk menggunakan Clear Aligner™ Rata? Ada baiknya sebelum memulai perawatan, kamu bisa konsultasi gratis tentang pemakaian Aligner langsung dengan dokter gigi Rata yang profesional. Jadi, langsung saja jadwalkan konsultasi online kamu di Klinik Rata, ya! 


Rekomendasi Klinik Gigi & Clear Aligners Terdekat

Cari tahu daftar alamat Klinik Rata terdekat di sekitarmu jika ingin berkonsultasi dengan dokter gigi, ya!


Rata.id Clinic Center | Klinik Gigi & Clear Aligners

Kunjungi dokter gigi Rata terdekat di Pakubuwono, Kebayoran Baru untuk konsultasi mengenai perawatan aligner gigi atau masalah kesehatan gigi dan mulut lainnya.


Alamat: Jl. Pakubuwono VI No.71, RT.11/RW.2, Gunung, Kebayoran Baru, Jakarta, 12120


Smile Dental Clinic Gunawarman

Mencari klinik gigi di sekitar Jakarta Selatan? Smile Dental Clinic Gunawarman akan menawarkan pengalaman konsultasi dokter gigi yang lebih menyenangkan!


Alamat: Jl. Gunawarman No.75 3, RT.3/RW.7, Rw. Bar., Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12180


Rata.id Surabaya, Jawa Timur | Klinik Gigi & Clear Aligners

Tinggal di luar Jabodetabek? Tenang! Klinik Rata juga tersedia di area kota Surabaya dan sekitarnya. Kunjungi dokter gigi Rata di alamat berikut, ya.


Alamat: Jl. Indragiri No.48-A, RT.015/RW.06, Darmo, Kec. Wonokromo, Surabaya, Jawa Timur 60241


komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar