icon
Rata
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Tetap Tenang, Ini Pertolongan Pertama saat Anak Sakit Gigi/

Tetap Tenang, Ini Pertolongan Pertama saat Anak Sakit Gigi

pertolongan pertama saat anak sakit gigi
dok. Rata Indonesia

Ketika anak mengalami sakit gigi, tentu menjadi hal yang mengkhawatirkan bagi orang tua. Namun, tetap tenang! Karena orang tua dapat memberikan perawatan secara alami di rumah untuk meredakan gejalanya sebelum membawa anak ke dokter gigi. 

Penyebab sakit gigi pada anak 

Terdapat beberapa kondisi yang dapat menyebabkan sakit gigi pada anak. Salah satunya adalah kurang menjaga kebersihan gigi. Kesalahan dalam menyikat gigi, juga dapat mengikis lapisan pelindung gigi. Selain itu, pertumbuhan gigi susu anak seringkali menimbulkan nyeri pada gigi. Namun, biasanya akan mereda dalam beberapa hari. 

Gejala sakit gigi pada anak

Gejala sakit gigi pada anak dapat terjadi dalam berbagai cara, seperti sakit saat menggigit makanan, napas berbau tidak sedap saat terjadi infeksi, atau gusi bengkak di sekitar gigi. Demam atau sakit kepala juga bisa menjadi tanda awal saat anak melawan sakit gigi.


Baca juga: 5 Perawatan Gigi Anak di Rumah Cegah Karies Gigi

3 Pertolongan pertama sakit gigi pada anak 

Apa yg harus dilakukan jika anak sakit gigi? Tetap tenang merupakan salah satu yang bisa dilakukan oleh orang tua saat anak sakit gigi, sambil melakukan beberapa hal berikut: 

1. Sikat dan flossing gigi, lalu kumur dengan air garam


Terlalu banyak permen atau konsumsi minuman manis dapat memicu sakit gigi pada anak. Karenanya, rutin menyikat gigi dan flossing dapat membantu mereka terhindar dari sakit gigi. Bilas mulut dengan air garam saat sakit gigi mampu menghilangkan asam dan gula yang tersisa pada gigi, serta membantu mengurangi rasa ngilu

2. Berikan larutan garam dengan campuran air hangat dengan satu sendok teh garam

Hal lainnya yang dapat Parents lakukan saat anak mengalami sakit gigi, yaitu dengan memberikan larutan air garam hangat. Larutan ini dapat menghilangkan kotoran yang menempel di sela-sela gigi dan mengurangi infeksi pada gigi. Cukup campurkan 1/2 sendok teh garam yang diaduk dalam segelas air hangat, lalu ajak anak berkumur-kumur dengan larutan air garam. 

3. Kompres dingin yang diberikan di sekitar gigi

Jika anak mengalami sakit gigi, kompres es batu di sekitar pipi yang sedang sakit juga dapat membantu menghilangkan rasa nyeri. Kompres dingin diketahui dapat menyempitkan pembuluh darah dan mengurangi peradangan. Tahan kompres dingin di area yang nyeri selama 20 menit dan ulangi setiap beberapa jam hingga rasa sakit berkurang.


Baca juga: Parents, Ini Waktu yang Tepat Ajak Anak ke Dokter Gigi 

Cara alami mengatasi sakit gigi pada anak di rumah 

Selain pertolongan pertama di atas terdapat beberapa cara lainnya untuk mengurangi rasa sakit pada gigi anak. Simak perawatan lengkapnya di bawah ini!

1. Minyak cengkeh 

Minyak cengkeh memiliki antiradang yang dapat melawan bakteri penyebab sakit gigi. Manfaat ini diperoleh dari kandungan eugenol yang berfungsi sebagai pereda nyeri alami. 

2. Gel lidah buaya 

Lidah buaya juga bisa digunakan untuk mengatasi sakit gigi pada anak, karena dapat membantu membunuh bakteri penyebab kerusakan gigi. Berikan pijatan lembut untuk mengurangi rasa nyeri dengan mengoleskan lidah buaya pada area yang nyeri. 

3. Teh peppermint 

Menggunakan teh peppermint dapat menjadi pilihan untuk mengatasi sakit gigi pada anak. Caranya mudah, masukkan kantong teh ke lemari es dalam beberapa menit, lalu tempelkan kantong teh ke gigi anak yang sakit. 


Jika beberapa cara di atas tidak dapat mengurangi sakit gigi pada anak, segera periksakan ke dokter gigi untuk mendapatkan penanganan yang sesuai. Parents bisa mengunjungi klinik kami untuk konsultasi atau melakukan kunjungan rutin enam bulan sekali untuk deteksi masalah gigi anak sedini mungkin. 


Untuk info lebih lanjut, silakan follow Instagram @rata.id atau kunjungi websitewww.rata.id.


Rekomendasi Klinik Gigi & Clear Aligners Terdekat

Cari tahu daftar alamat Klinik Rata terdekat di sekitarmu jika ingin berkonsultasi dengan dokter gigi, ya!


Rata.id Clinic Center | Klinik Gigi & Clear Aligners

Kunjungi dokter gigi Rata terdekat di Pakubuwono, Kebayoran Baru untuk konsultasi mengenai perawatan aligner gigi atau masalah kesehatan gigi dan mulut lainnya.


Alamat: Jl. Pakubuwono VI No.71, RT.11/RW.2, Gunung, Kebayoran Baru, Jakarta, 12120


Smile Dental Clinic Gunawarman

Mencari klinik gigi di sekitar Jakarta Selatan? Smile Dental Clinic Gunawarman akan menawarkan pengalaman konsultasi dokter gigi yang lebih menyenangkan!


Alamat: Jl. Gunawarman No.75 3, RT.3/RW.7, Rw. Bar., Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12180


Rata.id Surabaya, Jawa Timur | Klinik Gigi & Clear Aligners

Tinggal di luar Jabodetabek? Tenang! Klinik Rata juga tersedia di area kota Surabaya dan sekitarnya. Kunjungi dokter gigi Rata di alamat berikut, ya.


Alamat: Jl. Indragiri No.48-A, RT.015/RW.06, Darmo, Kec. Wonokromo, Surabaya, Jawa Timur 60241




komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar