icon
Rata
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Proses Pembersihan Karang Gigi, Ini Langkah-langkahnya/

Proses Pembersihan Karang Gigi, Ini Langkah-langkahnya

Proses Pembersihan Karang Gigi, Ini Langkah-langkahnya
dok. Envato

Sebagian orang mungkin merasa takut saat harus membersihkan karang gigi (scaling). Tak sedikit yang juga memilih untuk menghindari perawatan ini. Padahal, proses pembersihan karang gigi termasuk perawatan yang cukup sederhana dan berperan penting terhadap kesehatan gigi dan mulut. Pasalnya, karang gigi yang dibiarkan tanpa perawatan bisa menyebabkan peradangan pada gusi dan merusak kesehatan gigi. 


Bahkan bagi sebagian kasus, penumpukan bakteri dan plak yang menyebabkan gangguan pada gusi dan gigi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Untuk mencegah bahaya tersebut, kamu perlu kontrol ke dokter gigi secara rutin, termasuk melakukan pembersihan karang gigi. Yuk, ketahui prosedur pembersihan karang gigi yang benar di bawah ini, ya!


Baca juga: Estimasi Biaya Scaling Gigi di Puskesmas, Klinik, dan Rumah Sakit


Prosedur Sebelum Pembersihan Karang Gigi

Sebelum prosedur pembersihan karang gigi, dokter gigi biasanya akan melakukan serangkaian pemeriksaan untuk menilai kondisi kesehatan gigi dan mulut secara menyeluruh. Pemeriksaan ini mencakup deteksi adanya gigi berlubang (karies), abses gigi (infeksi gigi), serta tanda-tanda kehilangan tulang di sekitar gigi. 



Prosedur Saat Pembersihan Karang Gigi

Saat melakukan pembersihan karang gigi, dokter gigi akan menggunakan alat khusus yang disebut ultrasonic scaler untuk melakukan proses scaling. Berikut adalah prosedur yang tepat saat pembersihan karang gigi (scaling).


1. Pengikisan karang gigi

Dokter gigi akan menggunakan ultrasonic scaler untuk mengikiskarang gigi. Ujung logam dari ultrasonic scaler akan bergetar mengikis karang gigi dari permukaan gigi di atas garis gusi.


2. Membersihkan plak dari kantong gusi

Alat ultrasonic scaler juga akan mengeluarkan semprotan air yang berfungsi untuk membilas karang gigi yang sedang dikikis dan juga membersihkan plak yang menempel pada kantong gusi. 


3. Menghilangkan sisa karang gigi

Dokter gigi akan menggunakan ultrasonic scaler manual dan alat pengikis yang disebut dengan kuret untuk menghilangkan sisa-sisa kecil karang gigi yang masih tertinggal. Umumnya, setelah tahap ini, dokter gigi akan meminta kamu untuk berkumur-kumur untuk membersihkan mulut setelah perawatan scaling.


Baca juga: 4 Bahaya Karang Gigi Jika Tidak Dibersihkan


Seberapa Penting Scaling?



Prosedur pembersihan gigi (scaling) idealnya dilakukan secara rutin setiap 6 bulan sekali untuk memastikan kebersihan dan kesehatan gigi serta gusi tetap terjaga. Dengan melakukan scaling secara berkala, kamu dapat mencegah penumpukan plak dan karang gigi yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan mulut, seperti radang gusi (gingivitis), dan penyakit periodontal. Selain itu, mulut yang bersih dan sehat juga dapat meningkatkan kepercayaan diri kamu dalam berinteraksi sehari-hari. 


Jika kamu tertarik untuk scaling di Rata, kamu bisa langsung buat jadwal dengan dokter gigi Rata dengan menghubungi Instagram @rata.id atau datang langsung ke Klinik Rata berikut ini. 


Rekomendasi Klinik Gigi & Clear Aligners Terdekat

Cari tahu daftar alamat Klinik Rata terdekat di sekitarmu jika ingin berkonsultasi dengan dokter gigi, ya!


Rata.id Clinic Center | Klinik Gigi & Clear Aligners

Kunjungi dokter gigi Rata terdekat di Pakubuwono, Kebayoran Baru untuk konsultasi mengenai perawatan aligner gigi atau masalah kesehatan gigi dan mulut lainnya.


Alamat: Jl. Pakubuwono VI No.71, RT.11/RW.2, Gunung, Kebayoran Baru, Jakarta, 12120


Smile Dental Clinic Gunawarman

Mencari klinik gigi di sekitar Jakarta Selatan? Smile Dental Clinic Gunawarman akan menawarkan pengalaman konsultasi dokter gigi yang lebih menyenangkan!


Alamat: Jl. Gunawarman No.75 3, RT.3/RW.7, Rw. Bar., Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12180


Rata.id Surabaya, Jawa Timur | Klinik Gigi & Clear Aligners

Tinggal di luar Jabodetabek? Tenang! Klinik Rata juga tersedia di area kota Surabaya dan sekitarnya. Kunjungi dokter gigi Rata di alamat berikut, ya.


Alamat: Jl. Indragiri No.48-A, RT.015/RW.06, Darmo, Kec. Wonokromo, Surabaya, Jawa Timur 60241


komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar