SYARAT DAN KETENTUAN RATA.ID

Syarat dan Ketentuan Diperbaharui pada  tanggal [29 April 2019]

Syarat dan Ketentuan Rata.id ini (selanjutnya disebut “Syarat dan Ketentuan”) mengatur penggunaan anda terhadap www.rata.id (“Situs”), yang dimiliki dan dikelola oleh PT Rupa Aestetika Teknologi Aktual (“Rata”).

Dengan menggunakan Situs dan Layanan (sebagaimana didefinisikan di bawah) anda sepakat untuk tunduk dan terikat terhadap Syarat dan Ketentuan ini, yang berlaku sebagai perjanjian yang sah antara anda, Rata dan pihak lain yang menggunakan Situs.

Apabila anda tidak sepakat terhadap seluruh atau sebagian dari Syarat dan Ketentuan ini, maka anda tidak diperkenankan untuk menggunakan Situs dan Layanan.

Lebih lanjut, dengan mengakses Situs, anda menyatakan dan menjamin bahwa anda telah dewasa berdasarkan hukum yang berlaku, atau paling tidak telah berusia 21 tahun. Dalam hal anda berusia di bawah 21 tahun, maka anda harus menggunakan Situs dengan keterlibatan dan pendampingan dari orang tua atau wali anda. Anda dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa anda memiliki hak, wewenang, dan kapasitas untuk menggunakan Situs.

Setiap kegiatan yang dilakukan dalam Situs, dilindungi secara hukum berdasarkan Undang-Undang No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang No. 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Undang-Undang No. 11 Tahun 2008 dan Peraturan Pemerintah No. 82 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik dan peraturan pelaksananya beserta perubahannya dari waktu ke waktu, dan terhadap segala bentuk perikatan yang timbul dari penggunaan Situs telah memenuhi kaidah dan syarat sahnya suatu perjanjian berdasarkan Kitab Undang-Undang Hukum Perdata Indonesia.

 

  1. DEFINISI

1.1 Definisi. Kecuali secara tegas dinyatakan lain, setiap dan seluruh istilah yang didefinisikan dalam Syarat dan Ketentuan ini memiliki arti sebagai berikut:

a. “Aligner” berarti aligner tembus pandang yang dibuat sesuai pesanan (customized) yang dijual oleh Dokter Gigi melalui Situs. Secara medis Aligner adalah terapi ortodentik yang secara bertahap dapat menggerakkan gigi untuk memperbaiki bentuk senyum seseorang;

b. “Aligner Tambahan” memiliki arti sebagaimana didefinisikan pada Pasal 9.1 (b)

c. “Bleaching” memiliki arti sebagaimana didefiniskan pada Pasal 9.1 huruf (c);

d. BANI” berarti Badan Arbitrase Nasional Indonesia yang didirikan berdasarkan Surat Keputusan Kamar Dagang dan Industri Indonesia Nomor: SKEP/152/DPH/1977, tanggal 30 November 1977;

e. “Book Teman Rata” memiliki arti sebagaimana didefinisikan pada Pasal 5.2 huruf (f) (i);

f. “Box 1” berarti kotak yang akan dikirimkan kepada anda yang berisikan sendok cetak atas dan bawah, putty base, catalyst, dan  panduan manual cara penggunaan, yang digunakan untuk mencetak bentuk gigi anda;

g. “Box 2” berati kotak yang akan dikirimkan kepada anda, yang berisikan Aligner, chewy, casing Aligner, dan panduan manual cara pemakaian dan perawatan;

h. “Customer Service” berarti customer service yang disediakan oleh Rata untuk memberikan informasi dan keterangan kepada anda dalam menangani pertanyaan terkait dengan kesehatan gigi dan kegunaan Aligner, yang berpedoman pada SOP Rata dan/atau FAQ Rata;

i. “Dokter Gigi” adalah dokter gigi yang menggunakan Situs untuk memasarkan dan menjual Aligner, serta memberikan konsultasi melalui Situs;

j. “Faktur Penagihan” berarti faktur tagihan yang dikirimkan oleh Rata kepada anda yang sedikitnya mencantumkan detil Produk, harga Produk, dan batas waktu pembayaran;

k. “FAQ Rata” berarti frequently asked question yang terdapat pada Situs, sebagaimana didefinisikan pada Pasal 14.2;

l. “Formulir” berarti formulir yang terdiri dari ‘formulir data pribadi dan ‘formulir riwayat gigi dan medis’ untuk diisi oleh anda, sebagaimana didefinisikan pada Pasal 5.2 huruf (b) (ii);

m. “Hari Kerja” berarti hari selain Sabtu dan Minggu, atau hari libur nasional yang ditetapkan oleh pemerintah Republik Indonesia, dimana bank-bank di Provinsi DKI Jakarta beropersional secara normal;

n. “HKI Rata” memiliki arti sebagaimana didefinisikan pada Pasal 18;

o. “Informasi Medis” memiliki arti sebagaimana didefinsikan pada Pasal 13.3;

p. “Kebijakan Privasi Rata” berarti kebijakan privasi sehubungan dengan Situs;

q. “Konfirmasi Pembayaran” memiliki arti sebagaimana didefinisikan pada Pasal 6.1 huruf (b);

r. “Layanan” berarti jenis-jenis layanan yang dapat digunakan melalui Situs, sebagaimana didefinisikan pada Pasal 2.2;

s. “Layanan Pasca Jual” berarti salah satu Layanan yang diberikan oleh Rata, sebagaimana didefinisikan pada Pasal 9.1;

t. “Lembar Persetujuan” memiliki arti sebagaimana didefinisikan pada Pasal 13.1;

u. “Metode Pembayaran Lain” memiliki arti sebagaimana didefinisikan pada Pasal 6.3;

v. “Pembayaran”  berarti pembayaran anda terhadap Pemesanan Produk, sebagaimana didefinisikan pada Pasal 5.2 (d);

w. “Pemesanan” berarti pemesanan anda terhadap Produk, sebagaimana didefinisikan pada Pasal 5.2;

x. “Pengembalian Pembayaran” memiliki arti sebagaimana didefinisikan pada Pasal 7.1;

y. “Pengembalian Produk” memiliki arti sebagaimana didefinsikan pada Pasal 8.1;

z. “Penyedia Layanan Pembayaran” berarti perusahaan penyedia layanan pembayaran terkemuka yang bekerjasama dengan Rata untuk memberikan kemudahan kepada anda dalam melakukan pembayaran;

aa. “Penyedia Layanan Pengiriman” berarti perusahaan penyedia layanan pengiriman barang  terkemuka yang berkerjasama dengan Rata untuk mengirimkan Produk kepada anda;

bb. “Perselisihan” memiliki arti sebagaimana didefinisikan pada Pasal 20.2;

cc. “Potensi Risiko” berarti potensi risiko sehubungan dengan penggunaan Aligner, sebagaimana didefinisikan pada Pasal 12;

dd. “Produk” berarti produk yang disediakan oleh Dokter Gigi melalui Situs, yakni Aligner dan Produk Perawatan Gigi;

ee. “Produk Perawatan Gigi” memiliki arti sebagaimana didefinisikan pada Pasal 9.1;

ff. “Rata” berarti PT Rupa Aestetika Teknologi Indonesia, suatu perseroan terbatas yang didirikan berdasarkan hukum Republik Indonesia, beralamat di Jl. Boulevard Raya, Ruko Inkopal Blok C/77-78, Kelapa Gading, Jakarta Utara, DKI Jakarta;

gg. “Retainer” memiliki arti sebagaimana didefiniskan pada Pasal 9.1 huruf (a);

hh. “Situs” berarti website yang dimiliki dan dikelola oleh Rata, yang dapat diakses di www.rata.id;

ii. “SOP Rata” berarti standar opersional prosedur yang ditetapkan oleh Rata, sebagaimana didefinisikan pada Pasal 14.2;

jj. “Tanda Terima Pembayaran” tanda terima pembayaran yang dikirimkan oleh Rata setelah Rata memeriksa dan melakukan konfirmasi serta pembayaran dinyatakan berhasil, sebagaimana didefinisikan pada Pasal 6.1 huruf (d);

kk. “Teman Rata” berarti pegawai Rata yang ditugaskan untuk mengantarkan Box 1 dan Box 2, membantu anda dalam menggunakan Box 1 dan Box 2, dan memperoleh Informasi Medis mengenai gigi anda yang bertindak berdasarkan SOP Rata dan FAQ Rata; dan

ll. “3D Simulation” simulasi pergerakan gigi dalam bentuk 3 dimensi, sebagaimana didefinisikan pada Pasal 5.3 huruf (b).

1.2. Kecuali ditentukan lain, acuan terhadap pasal atau lampiran adalah acuan terhadap pasal atau lampiran dalam Syarat dan Ketentuan ini.

1.3. Seluruh judul dalam Syarat dan Ketentuan ini hanya dibuat untuk kenyamanan referensi dan tidak mempengaruhi konstruksi dari Syarat dan Ketentuan ini.

 

2. DESKRIPSI SITUS DAN JENIS LAYANAN

2.1. Deskripsi Situs. Situs adalah platform digital dengan konsep marketplace yang berfungsi menghubungkan anda dengan Dokter Gigi. Melalui Situs, anda dapat memesan dan membeli Produk yang disediakan oleh Dokter Gigi dan/atau melakukan konsultasi mengenai Aligner yang tepat untuk kondisi gigi anda. Untuk menghindari keragu-raguan, Rata sebagai pemilik dan operator Situs tidak bertindak sebagai penjual Produk maupun pihak yang memberikan konsultasi kepada anda.

 

2.2. Layanan. Melalui Situs, anda dapat:

a. memperoleh informasi mengenai kesehatan gigi dan Produk;

b. melakukan pemesanan dan pembelian Produk yang disediakan Dokter Gigi;

c. mengatur jadwal dan lokasi pertemuan dengan Teman Rata;

d. melakukan konsultasi dengan Dokter Gigi, dimana Rata hanya bertindak sebagai fasilitator yang e. menghubungkan anda dengan Dokter Gigi melalui Situs; dan

f. memperoleh Layanan Pasca Jual sebagaimana dijelaskan dalam Pasal 9; dan

g. layanan lain yang dapat Rata berikan dari waktu ke waktu;

(“Layanan”).

 

3. ALIGNER

Aligner merupakan alat perata gigi modern yang transparan yang berbahan plastik. Aligner dapat dibuka pasang yang betujuan untuk menggeser gigi secara bertahap guna memperbaiki penampilan dari segi estetika gigi. Penggunaan Aligner dimaksudkan untuk memberikan perawatan yang lebih efisien, cepat, dan mudah dibandingkan dengan terapi ortodontik konvensional ‘kawat gigi’. Selain itu manfaat yang bisa didapatkan dengan menggunakan Aligner, antara lain:

a. Aligner bersifat transparan, sehingga tidak mudah terlihat oleh orang-orang disekitar anda pada saat digunakan;

b. tidak ada goresan atau gesekan dari kawat atau behel, sehingga Aligner lebih nyaman digunakan dibandingkan dengan kawat gigi konvesional;

c. meratakan gigi lebih cepat daripada terapi ortodontik konvesional ‘kawat gigi’; dan

d. Aligner bisa dibuka pasang, sehingga anda bisa makan, minum, menggosok gigi, dan menggunakan benang gigi (floss) dengan bebas.

 

4. KEBIJAKAN PRIVASI RATA

4.1. Anda dapat melihat Kebijakan Privasi Rata yang berlaku terhadap Situs di [www.rata.id/kebijakanprivasi].

4.2. Dengan menggunakan Situs, maka anda sepakat atas Kebijakan Privasi Rata, dan setuju untuk memberikan hak kepada Rata untuk menggunakan informasi yang anda berikan kepada Rata melalui Situs (termasuk Informasi Medis), untuk hal-hal sebagaimana dinyatakan dalam Kebijakan Privasi Rata.

 

5. ALUR TRANSAKSI

Anda dengan ini sepakat bahwa alur transaksi pemesanan dan pembelian Produk melalui Situs tunduk pada syarat dan ketentuan di bawah ini:

5.1. Perolehan Informasi Umum. Anda dapat mengakses Situs untuk memperoleh informasi mengenai kesehatan gigi dan Produk yang tersedia melalui Situs.

5.2. Pemesanan. Anda sepakat bahwa pemesanan Produk melalui Situs (“Pemesanan”) akan dilakukan dengan tata cara yang telah ditentukan oleh Rata sebagai berikut:

a. Pengakuan Anda. Sebelum melakukan Pemesanan, anda diwajibkan untuk membaca Syarat dan Ketentuan ini. Oleh karena itu, anda dengan ini mengakui bahwa anda telah memahami dan mengerti terhadap setiap dan seluruh ketentuan yang diatur dalam Syarat dan Ketentuan ini, dan dengan melanjutkan penggunaan dan pemanfaatan Layanan yang diberikan melalui Situs, maka anda telah menyatakan persetujuan anda terhadap Syarat dan Ketentuan ini.

b. Pemesanan Aligner. Sehubungan dengan Pemesanan Aligner:

i. anda dapat melakukan Pemesanan Aligner melalui Situs dengan mengklik ‘Buy Now’;

ii. selanjutnya, Situs akan menampilkan formulir (“Formulir”) untuk anda isi, yang terdiri dari, ‘Formulir Data Pribadi’ dan ‘Formulir Riwayat Gigi dan Medis’. Anda dengan ini menjamin bahwa informasi dan keterangan yang anda berikan pada mengisi Formulir adalah benar dan tidak menyesatkan.

iii. Informasi dan keterangan yang diberikan oleh anda dalam Formulir merupakan dasar bagi Dokter Gigi untuk mengevaluasi permasalahan gigi anda dan selanjutnya memutuskan apakah anda dapat menggunakan Aligner atau tidak, dengan ketentuan bahwa:

            • apabila Dokter Gigi memutuskan bahwa anda dapat menggunakan Aligner, maka anda dapat melakukan pembelian dan anda akan diminta untuk melanjutkan Pembayaran sesuai dengan ketentuan Pasal 6; atau
            • apabila Dokter Gigi memutuskan bahwa anda tidak dapat menggunakan Aligner, sehingga tidak dapat melakukan pembelian, maka anda diharuskan untuk terlebih dahulu menghubungi Customer Service melalui fitur yang disediakan di dalam Situs.

c. Pemesanan Produk Perawatan Gigi. Sehubungan dengan Pemesanan Produk Perawatan Gigi:

i. pilih Produk Perawatan Gigi yang anda inginkan, dan selanjutnya melakukan Pemesanan melalui Situs dengan mengklik ‘Buy Now’;

ii. apabila anda pernah melakukan Pemesanan dan pembelian melalui Situs, maka masukan nomor pelanggan anda, namun apabila anda melakukan pemesanan dan pembelian melalui Situs untuk pertama kali, maka Rata akan mengirimkan nomor pelanggan kepada anda melalui Situs/email/whatsapp;

d. Pembayaran. Pembayaran atas Pemesanan Produk (“Pembayaran”) harus dilakukan dengan tata cara yang telah ditentukan oleh Rata sebagaimana dimaksud pada Pasal 6.

e. Pembatalan Pemesanan. Selama jangka waktu setelah melakukan Pembayaran sampai dengan pengiriman Produk, anda dan/atau Rata dapat melakukan pembatalan Pemesanan, dengan ketentuan sebagai berikut:

i. Pembatalan oleh Rata. Anda sepakat bahwa Rata, atas pertimbangannya sendiri, secara seketika dan tanpa kewajiban untuk memberikan kompensasi dalam bentuk apapun, berhak untuk melakukan pembatalan, dengan pemberitahuan sebelumnya melalui email, apabila anda:

            • tidak bersedia memberikan persetujuan terhadap Lembar Persetujuan sebagaimana dimaksud pada Pasal 13;
            • terindikasi melakukan pelanggaran atas Syarat dan Ketentuan dan/atau hukum yang berlaku; dan/atau
            • terindikasi melakukan kegiatan sebagaimana dimaksud pada Pasal 15, dengan cara apapun, sehingga menimbulkan kerugian bagi Rata.

ii. Pembatalan oleh Anda. Setelah melakukan Pembayaran, anda dapat memilih untuk melakukan pembatalan Pemesanan dengan pemberitahuan sebelumnya kepada Rata yang mencantumkan alasan pembatalan Pemesanan. Rata berdasarkan kebijaksanaannya yang mutlak, dapat memutuskan apakah pembatalan yang anda ajukan dapat atau tidak dapat dilaksanakan.

f. Book Teman Rata.

i. Setelah anda menerima Tanda Terima Pembayaran sebagaimana dimaksud pada Pasal 6.1 huruf (d), maka selanjutnya anda dapat mengatur jadwal  dan lokasi pertemuan dengan Teman Rata, dengan cara masuk ke halaman ‘Book Teman Rata’, dimana anda diminta untuk mengisi informasi mengenai jadwal dan lokasi yang anda inginkan untuk bertemu dengan Teman Rata, antara lain waktu, alamat lengkap, kota, provinsi, dan kode pos (“Book Teman Rata”).

ii. Apabila anda bermaksud untuk mengubah jadwal dan/atau lokasi pertemuan, maka anda wajib untuk melakukan pemberitahuan sebelumnya kepada Rata melalui email di hello@rata.id atau whatsapp dalam jangka waktu 48 (empat puluh delapan) jam setelah anda mengisi informasi pada halaman Book Teman Rata.

5.3. Cara Kerja Teman Rata.

a. Evaluasi Permasalahan Gigi. Selambatnya 3 (tiga) Hari Kerja setelah Book Teman Rata, Teman Rata akan mendatangi anda, untuk:

i. mengantarkan Box 1 untuk digunakan dalam membuat cetakan bentuk gigi anda;

ii. membantu, mendampingi, serta memberikan panduan kepada anda dalam menggunakan alat-alat yang terdapat dalam Box 1 untuk mencetak bentuk gigi anda; dan

iii. memperoleh Informasi Medis lainnya.

Cetakan gigi anda dan Informasi Medis lainnya (apabila ada) yang diperoleh oleh Teman Rata akan diantarkan kepada Dokter Gigi untuk mengevaluasi permasalahan gigi anda.

b. 3D Simulation. Berdasarkan evaluasi yang dilakukan oleh Dokter Gigi terhadap cetakan gigi dan Informasi Medis lainnya, Dokter Gigi akan mensimulasikan pergerakan gigi anda dalam bentuk 3 dimensi (“3D Simulation”) dan mengirimkannya kepada anda melalui Situs, email, atau whatsapp, agar anda dapat melihat dan mengetahui perkembangan serta pergerakan yang terjadi pada gigi anda dari waktu ke waktu selama menggunakan Aligner.

c. Pembuatan Aligner. Apabila anda setuju dengan hasil 3D Simulation yang dikirimkan oleh Dokter Gigi, maka selanjutnya produsen Aligner yang ditunjuk oleh Dokter Gigi akan mempersiapkan Aligner untuk anda.

d. Pegiriman Aligner. Aligner akan dikirimkan kepada anda dalam janga waktu 13 (tiga belas) hari setelah anda memberikan persetujuan terhadap 3D Simulation. Rata, berdasarkan pertimbangannya yang mutlak, selanjutnya akan menentukan akan menggunakan jasa Penyedia Layanan Pengiriman atau Teman Rata untuk mengantarkan Box 2 kepada anda.

 

6. PROSES DAN METODE PEMBAYARAN

6.1 Proses Pembayaran. Pembayaran harus dilakukan dengan tata cara yang telah ditentukan oleh Rata sebagai berikut:

a. setelah anda melakukan Pemesanan, Rata akan mengirimkan pemberitahuan tata cara pembayaran beserta Faktur Penagihan melalui Situs, email, atau whatsapp;

b. setelah anda melakukan Pembayaran sesuai dengan metode Pembayaran yang telah ditentukan Rata sebagaimana dimaksud pada Pasal 6.2, selanjutnya anda wajib untuk mengisi konfirmasi Pembayaran yang terdapat pada Situs dengan memasukan data/informasi, antara lain (i) nomor order; (ii) email; dan (iii) nomor telepon (“Konfirmasi Pembayaran”);

c. pada halaman Konfirmasi Pembayaran, anda wajib untuk memasukan data/informasi terkait dengan proses Pembayaran yang anda lakukan, antara lain, (i) tanggal Pembayaran; (ii) jam Pembayaran; (iii) bank penerima; (iv) metode Pembayaran; (v) bank pengirim; (vi) nomor rekening (apabila memilih metode Pembayaran transfer manual); (vii) nama pemilik rekening; (viii) nominal Pembayaran; (ix) deskripsi barang; dan (x) unggah (upload) foto bukti transfer;

d. Rata akan memeriksa dan melakukan verfikasi terhadap Konfirmasi Pembayaran yang telah anda isi, dan apabila status Pembayaran anda dinyatakan berhasil, maka Rata akan mengirimkan tanda terima atas Pembayaran yang anda lakukan (“Tanda Terima Pembayaran”) melalui Situs, email, atau whatsapp; dan

e. apabila sampai dengan batas waktu yang ditentukan anda tidak melakukan Pembayaran atau Pembayaran anda ditolak (apabila menggunakan kartu kredit), maka sistem Rata akan mengirimkan pemberitahuan melalui email atau whatsapp yang mencantumkan tanggal dan alasan penolakan.

6.2 Metode Pembayaran. Metode Pembayaran yang disediakan oleh Rata kepada anda untuk melakukan Pembayaran terhadap Pemesanan adalah sebagai berikut:

a. Transfer Manual. Metode Pembayaran dengan cara transfer manual melalui ATM/internet banking/mobile banking ke virtual account dilakukan dengan ketentuan sebagai berikut:

i. anda memilih metode Pembayaran melalui bank transfer Bank Central Asia (BCA) (atau bank lain), klik ‘bayar’ untuk mendapatkan nomor virtual account;

ii. anda setuju dengan nomor generate virtual account; dan

iii. anda melakukan transfer ke virtual account Rata dengan jumlah sesuai dengan jumlah yang tertera pada Faktur Penagihan, pada tahap ini anda dimohon untuk memastikan bahwa jumlah transfer yang anda masukan sampai dengan 3 (tiga) digit terakhir pada jumlah yang tertera pada Faktur Penagihan.

b. Kartu Kredit. Metode Pembayaran dengan menggunakan kartu kredit dilakukan dengan ketentuan sebagai berikut:

i. anda mengisi data kartu kredit seperti nomor kartu kredit, masa berlaku kartu kredit, kode pada bagian belakang kartu kredit, dan nama yang tertera pada bagian depan kartu kredit;

ii. anda setuju dengan syarat dan ketentuan pembayaran dengan kartu kredit; dan

iii. anda akan ditagih sesuai dengan jumlah Pembayaran yang tetera pada Faktur Penagihan, pada tahap ini anda dimohon untuk memastikan bahwa saldo yang terdapat pada kartu kredit anda cukup untuk menggunakan metode Pembayaran ini. Pembayaran anda akan diproses pada saat pembayaran diverifikasi serta dinyatakan berhasil.

6.3 Metode Pembayaran Lainnya. Sampai dengan saat ini, metode pembayaran yang disediakan oleh Rata kepada anda adalah sebagaimana disebutkan pada Pasal 6.2. Namun untuk memberikan kemudahan dalam melakukan pembayaran, Rata dikemudian hari akan bekerjasama dengan Penyedia Layanan Pembayaran untuk memberikan fasilitas metode pembayaran lainnya (“Metode Pembayaran Lain”). Apabila Rata memberlakukan Metode Pembayaran Lain, maka Rata akan memberikan pemberitahuan terlebih dahulu dalam jangka waktu [14  (empat belas)] hari sebelum tanggal pemberlakuan Metode Pembayaran Lain tersebut.

 

7. PENGEMBALIAN PEMBAYARAN

7.1 Pengembalian Pembayaran (baik secara keseluruhan atau selisih Pembayaran) dari Rata kepada anda akan dilakukan pada Hari Kerja dan ditransfer ke rekening bank yang tertera pada Konfirmasi Pembayaran (“Pengembalian Pembayaran”), namun Pengembalian Pembayaran hanya terbatas pada peristiwa-peristiwa sebagai berikut:

a. kelebihan Pembayaran atas Produk, (hanya terjadi jika menggunakan metode pembayaran transfer manual melalui ATM/internet banking/mobile banking sebagaimana dimaksud pada Pasal 6.2 huruf (a));

b. Produk tidak tersedia;

c. Produk tidak diterima oleh Pembeli, dan telah dikonfirmasi oleh Rata; atau

d. Rata menerima Pengembalian Produk yang anda anjukan, dan anda memilih mekanisme sebagaimana dimaksud pada Pasal 8.4 huruf (b);

7.2. Pengembalian Pembayaran akan dilakukan dengan memperhatikan metode Pembayaran yang tertera pada Konfirmasi Pembayaran.

7.3. Rata tidak memberikan pernyataan dan jaminan apapun terhadap keakuratan estimasi waktu masuknya Pengembalian Pembayaran ke rekening anda, dimana hal tersebut bergantung pada kebijakan masing-masing bank dan/atau waktu internal penyedia jasa pembayaran.

7.4. Rata berhak untuk mengenakan biaya administrasi yang mungkin timbul sehubungan dengan pemrosesan Pemesanan dan Pengembalian Pembayaran ke rekening bank penerima, termasuk namun tidak terbatas pada biaya biaya transfer antar bank, biaya kartu kredit, dan biaya administrasi dan biaya proses Pemesanan lainnya.

7.5. Rata, berdasarkan pertimbangannya yang mutlak dapat merubah mekanisme Pengembalian Pembayaran sebagaimana dimaksud pada Pasal 7 ini, tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada anda.

 

8. PENGEMBALIAN PRODUK

8.1. Anda dapat memilih untuk mengembalikan Produk yang telah anda terima dalam jangka waktu [5 (lima)] Hari Kerja terhitung sejak tanggal pengiriman Produk, dengan memberikan pemberitahuan tertulis terlebih dahulu beserta alasan yang wajar kepada Rata melalui email di hello@rata.id (“Pengembalian Produk”). Rata berhak dan akan memberikan usaha terbaik untuk melakukan tindakan pemulihan dalam waktu maksimal [45 (empat puluh lima)] kerja. Pengembalian Produk harus dilakukan sesuai dengan ketentuan Lampiran II Syarat dan Kentuan ini. 

8.2. Rata berdasarkan pertimbangannya yang mutlak, dapat memutuskan apakah Pengembalian Produk dapat diterima atau tidak, dengan ketentuan bahwa:

a. apabila Rata memutuskan Pengembalian Produk dapat diterima, maka anda dapat melakukan Pengembalian Produk sesuai dengan ketentuan Lampiran II Syarat dan Ketentuan ini; dan

b. apabila Rata menolak Pengembalian Produk, maka Rata akan mengirimkan pemberitahuan melalui email berupa pernyataan penolakan disertai dengan tanggal dan alasan penolakan.

8.3. Anda dengan ini sepakat bahwa keputusan Rata sehubungan dengan Pengembalian Produk adalah final dan mengikat dan anda dengan ini sepakat untuk tunduk dan mematuhi keputusan Rata dengan sebaik-baiknya.

8.4. Dalam hal Rata menerima Pengembalian Produk sebagaimana dimaksud pada Pasal 8.2 huruf (a), maka anda dapat memilih mekanisme sebagai berikut:

a. meminta penukaran Produk, dimana Rata akan menginstruksikan kepada Doker Gigi untuk mengirimkan Produk pengganti kepada anda; atau

b. meminta Pengembalian Pembayaran, dimana akan dilakukan sesuai dengan ketentuan Pasal 7.

 

9. LAYANAN PASCA JUAL

9.1. Produk Perawatan Gigi. Rata menyediakan layanan pasca jual (“Layanan Pasca Jual”) melalui Situs, dimana anda dapat melakukan Pemesanan atas produk perawatan gigi (“Produk Perawatan Gigi”) sebagaimana dideskripsikan di bawah ini:

a. Retainer Gigi. Setelah menggunakan perawatan Aligner, apabila anda tidak menggunakan alat penahan gigi (retainer) (“Retainer”) untuk menjaga posisi gigi anda tetap pada posisi gigi yang sempurna, maka hasil yang sudah dicapai dapat kembali kepada keadaan semula (relapse). Anda disarankan untuk untuk membeli Retainer melalui Situs. Retainer diperlukan agar gigi yang sudah rapi tidak bergeser dan tetap pada posisi seharusnya. Dokter Gigi akan menentukan jangka waktu pemakaian Retainer, yang mana tergantung pada tingkat permasalahan gigi anda.

b. Aligner Tambahan. Anda disarankan untuk membeli Aligner tambahan (“Aligner Tambahan”) melalui Situs, apabila terjadi hal-hal di bawah ini:

i. salah satu Aligner anda rusak, patah, atau hilang, sehingga tidak dapat digunakan untuk merapikan gigi; dan/atau

ii. pada tahap awal pemakaian Aligner, pergerakan gigi anda tidak sesuai dengan yang diharapkan, maka anda disarankan untuk melakukan konsultasi dengan Dokter Gigi. Dokter Gigi akan mengevaluasi lebih lanjut hasil penggunaan Aligner pada gigi anda. Apabila hasil evaluasi Dokter Gigi menyatakan bahwa anda perlu untuk melakukan perbaikan (refinement), maka dalam proses ini, Dokter Gigi akan mengambil Informasi Medis terbaru dari anda dan selanjutnya membuat 3D Simulasi yang baru. Meskipun jarang terjadi, terkadang perbaikan (refinement) terhadap Aligner diperlukan untuk menyempurnakan pemakaian Aligner terhadap gigi anda.

c. Pemutihan Gigi (Bleaching).  Bleaching merupakan salah satu perawatan gigi yang bertujuan untuk membuat gigi menjadi lebih putih dan cerah yang pada umumnya dilakukan oleh dokter gigi, namun melalui Situs anda dapat memesan custom bleaching tray dan bleaching gel yang disedikan oleh Dokter Gigi (“Bleaching”), dan selanjutnya akan dikirimkan kepada anda, sehingga anda dapat melakukan Bleaching tanpa harus mengunjungi dokter gigi. Sampai dengan saat ini Bleaching belum tersedia di Situs, namun apabila dikemudian hari Bleaching telah tersedia, maka Rata akan memberikan pemberitahuan melalui Situs.

Untuk Produk Perawatan Gigi, anda akan dikenakan biaya sesuai dengan daftar harga Produk Perawatan Gigi yang tecantum pada Lampiran I Syarat dan Ketentuan ini.

9.2. Pengiriman Produk Perawatan Gigi. Selambatnya 3 Hari Kerja setelah anda melakukan Pembayaran, Rata akan mengirimkan Produk Perawatan Gigi dengan menggunakan jasa Penyedia Layanan Pengiriman ke alamat yang tertera pada halaman profil anda.

 

10. HARGA PRODUK

10.1. Harga. Harga Produk yang tercantum dalam Situs tunduk terhadap setiap penyesuaian yang akan dilakukan oleh Rata. Rata, berdasarkan pertimbangannya yang mutlak, berhak (namun tidak diwajibkan) untuk melakukan perubahan terhadap harga Produk. Dalam hal terdapat perubahan Harga Produk, Rata tidak berkewajiban untuk melakukan pemberitahuan terlebih dahulu kepada anda.

10.2. Pajak. Pajak yang timbul sehubungan dengan pembelian Produk merupakan tanggung jawab dari anda dan anda berkewajiban untuk memenuhinya sesuai dengan ketentuan perpajakan yang berlaku di Republik Indonesia. Apabila anda memiliki pertanyaan sehubungan dengan pajak, anda dapat menghubungi Rata melalui email di hello@rata.id.

 

11. SANGKALAN DAN PEMBATASAN TANGGUNG JAWAB

Dengan mengakses dan menggunakan Situs, anda sepakat dan memahami hal-hal di bawah ini:

11.1. Situs

a. Segala sesuatu yang terkait dengan Situs dan Layanan yang terdapat di dalamnya, disediakan oleh Rata ‘sebagaimana adanya’ dan ‘sebagaimana tersedia’. Rata tidak membuat pernyataan dan jaminan apapun terhadap konten, pengoperasian dan Layanan yang terdapat di dalam Situs. Oleh karena itu, dengan ini anda sepakat bahwa segala hal yang timbul sehubungan dengan penggunaan anda terhadap Situs adalah risiko dan tanggung jawab anda sendiri.

b. Rata tidak membuat pernyataan dan jaminan apapun terhadap kondisi, akurasi, keandalan, kelengkapan baik konten maupun Layanan yang terdapat di dalam Situs, serta tidak membuat pernyataan dan jaminan bahwa Situs adalah suatu sistem yang sempurna. Sangat dimungkinkan untuk terjadinya gangguan, kesalahan, kekeliruan, infeksi virus atau program komputer yang berjalan secara otomatis yang mengandung sifat merusak atau yang dimaksudkan untuk merusak, mencegah dan mengambil alih sistem, data atau informasi pribadi anda yang terdapat dalam Situs.

c. Dalam mengelola dan mengoperasikan Situs, Rata senantiasa berusaha menjaga keamanan informasi yang diberikan oleh anda dengan menerapkan sistem pengamanan yang seoptimal mungkin. Namun, perlu anda pahami bahwa sangat dimungkinkan untuk terjadinya kehilangan atau kebocoran data yang diakibatkan oleh perolehan secara ilegal oleh pihak ketiga lain. Rata tidak menyatakan dan menjamin bahwa Situs terbebas dari ancaman kehilangan atau kebocoran informasi yang diakibatkan oleh pihak ketiga lain dimana hal tersebut juga dialami oleh semua pengguna internet, termasuk namun tidak terbatas pada, carding, cracking, phishing, malware, yang ditujukan baik kepada Situs maupun infrastrukturnya. Oleh karena itu, anda dengan ini menyatakan bahwa anda telah memahami risiko-risiko yang mungkin timbul terkait dengan hal tersebut dan melepaskan Rata dari segala bentuk tanggung jawab terhadap seluruh atau sebagian dari kerugian atau hilangnya keuntungan, sehubungan dengan kebocoran informasi anda di dalam Situs.

11.2. Produk. Sehubungan dengan Produk yang tersedia di dalam Situs, anda memahami bahwa:

a. Rata bukanlah penyedia atau penjual Produk, dan bukanlah pihak dalam transaksi jual beli yang dilakukan melalui Situs. Oleh karena itu, Rata tidak memiliki kuasa atas kualitas, akurasi dan keamanan dari Produk yang anda beli melalui Situs; dan

b. Dokter Gigi adalah pihak independen yang menggunakan Situs untuk memasarkan dan menjual Produk.

Berdasarkan hal-hal tersebut di atas, anda sepakat untuk membebaskan Rata dari segala bentuk tanggung jawab terhadap seluruh atau sebagian dari kerugian atau hilangnya keuntungan langsung maupun tidak langsung, materiil maupun imateril yang timbul dari adanya tuntutan, gugatan, klaim dan/atau dakwaan, sehubungan dengan pembelian dan penggunaan anda terhadap Produk.

11.3. Konsultasi. Sehubungan dengan layanan konsultasi yang disediakan di dalam Situs, anda memahami bahwa:

a. Rata hanya bertindak sebagai fasilitator yang menghubungkan anda dengan Dokter Gigi melalui Situs. Dokter Gigi yang mungkin memberikan konsultasi kepada anda adalah pihak independen dan tidak dipekerjakan oleh Rata;

b. Rata tidak memberikan pernyataan dan jaminan terhadap pelatihan atau kemampuan setiap Dokter Gigi yang memberikan konsultasi kepada anda melalui Situs;

c. setiap konsultasi yang anda dapatkan dari Dokter Gigi melalui Situs tidak menggantikan advis medis profesional, hanya diperuntukkan sebagai informasi yang sifatnya umum, dan tidak diperuntukkan untuk hal-hal yang sifatnya gawat darurat (emergency); dan

d. Rata tidak bertanggung jawab atas setiap isi dan/atau pernyataan-pernyataan dalam setiap konsultasi yang anda lakukan dengan Dokter Gigi melalui Situs, yang mana hal tersebut merupakan konsultasi pribadi anda dengan Dokter Gigi dan merupakan tanggung jawab dan risiko anda sendiri.

Berdasarkan hal-hal tersebut di atas, anda sepakat untuk membebaskan Rata dari segala bentuk tanggung jawab terhadap seluruh atau sebagian dari kerugian atau hilangnya keuntungan langsung maupun tidak langsung, materiil maupun imateril yang timbul dari adanya tuntutan, gugatan, klaim dan/atau dakwaan, sehubungan dengan konsultasi yang anda dapatkan dari Dokter Gigi melalui Situs.

 

12. POTENSI RISIKO

Anda dengan ini memahami dan mengetahui bahwa sehubungan dengan penggunaan Produk, terdapat potensi risiko (“Potensi Risiko”) yang harus anda pertimbangkan, yakni sebagai berikut:

12.1. Potensi Risiko Penggunaan Aligner. Potensi Risiko sehubungan dengan penggunaan Aligner (termasuk Aligner Tambahan):

a. Jangka waktu perawatan dengan Aligner terkadang dapat melebihi estimasi. Ketidakpatuhan terhadap instruksi yang direkomendasikan, penggunaan Aligners kurang dari 22 jam setiap harinya selama 1 (satu) minggu, kesalahan dalam pemasangan Aligner, pertumbuhan tulang yang berlebihan, buruknya kebersihan mulut, dapat memperpanjang jangka waktu perawatan dengan Aligners, dimana hal tersebut dapat menambah biaya dan jangka waktu perawatan Aligner.

b. Bentuk gigi yang tidak biasa juga dapat menambah jangka waktu perawatan, sebagai contoh, ‘short clinical crowns’ dapat menyebabkan kurangnya retensi antara Aligner dengan gigi, sehingga dapat memperlambat atau tidak menggerakan gigi.

c. Lubang gigi, karies, tanda permanen pada gigi (while spots), atau radang gusi dapat terjadi jika kebersihan mulut tidak dijaga, baik sehubungan dengan penggunaan Aligner atau tidak.

d. Walaupun jarang terjadi, penggunaan Aligner mungkin dapat menimbulkan rasa nyeri di gusi, pipi, lidah dan bibir.

e. Pada awal penggunaan, Aligner dapat mempengaruhi kemampuan berbicara anda untuk sementara. Pengguna Aligner pada umumnya dapat beradaptasi dengan cepat dalam menggunakan Alginer dan sangat jarang bahwa gangguan berbicara pengguna Aligner berlangsung dalam jangka waktu yang lama.

f. Selama menggunakan Aligner, anda dapat mengalami peningkatan air liur atau kekeringan pada mulut. Terkadang pengobatan tertentu dapat meningkatkan efek ini.

g. Dalam hal crowding, IPR atau dikenal sebagai ‘reduksi interproksimal’ (pengurangan lebar gigi), mungkin diperlukan untuk memberikan cukup ruang utuk pergerakan gigi. Hal ini bukanlah bagian dari perawatan dengan Aligner dan jika diperlukan, maka hal tersebut harus dilakukan oleh dokter gigi anda.

h. Segala konsumsi obat dan kondisi medis anda dapat mempengaruhi perawatan dengan Aligner.

i. Walaupun jarang, alergi terhadap material yang digunakan selama perawatan dengan Aligner dapat terjadi.

j. Gigi sensitif dan sedikit goyang dapat terjadi selama perawatan dengan Aligner, yang mana hal ini disebabkan karena gigi anda digerakan ke posisi baru, namun setelah penggunaan penahan gigi (retainer) gigi anda akan kembali normal.

k. Dalam beberapa kasus, perawatan dengan Aligner dapat berpengaruh pada tulang rahang dan gusi yang merupakan penyangga gigi, dimana tulang rahang dan gusi dapat terganggu atau memburuk

l. Aligner hanya berfungsi untuk menggerakkan gigi dan tidak ditujukkan untuk merubah rahang. Operasi mulut mungkin diperlukan untuk memperbaiki ketidakseimbangan rahang. Hal ini berada di luar lingkup perawatan dengan Aligner dan membutuhkan pemeriksaan oleh dokter gigi.

m. Penggunaan Aligner dapat memperburuk keadaan gigi. Walaupun jarang terjadi, gigi tersebut mungkin membutuhkan perawatan gigi tambahan seperti perawatan endodontic atau perawatan lainnya yang bersifat restoratif.

n. Rata tidak merekomendasikan penggunaan Aligner jika anda memiliki implan, crown, bridge, venner  dan/atau gigi palsu lepasan. Tindakan restorasi gigi yang telah dilakukan seperti crown atau bridge dapat terpengaruhi oleh penggunaan Aligner. Crown atau bridge tersebut dapat tanggal dan membutuhkan pemberian semen ulang atau dapat beberapa kasus, penggantian. Sebelum melakukan penggantian atau penambahan terhadap tindakan restoratif gigi yang telah dilakukan, anda disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter gigi anda, karena hal tersebut dapat mempengaruhi kesesuaian Aligner yang telah dibuat.

o. Apabila anda memiliki masalah gigi bungsu (wisdom teeth) anda disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter gigi anda untuk perawatan (dan disarankan untuk memberitahukan kepada dokter gigi anda mengenai rencana anda untuk menggunakan Aligner).

p. Root resorption dapat terjadi dalam setiap perawatan ortodontik, termasuk Aligner. Dalam beberapa kasus, root resorption dapat menyebabkan tanggalnya gigi atau gigi menjadi non-vital.

q. Dalam beberapa kasus gigi yang tanggal lebih dari 2 (dua) (multiple missing teeth), sangat memungkinkan Aligner akan rusak. Rata tidak merekomendasikan penggunaan Aligner untuk pihak yang mengalami kasus multiple missing teeth.

r. Karena Aligner digunakan di mulut, maka dapat secara tidak sengaja tertelan seluruh maupun sebagian.

s. Walaupun jarang terjadi, permasalahan dapat timbul terhadap sendi rahang, menyebabkan sakit sendi, ketidaknyamanan, pusing atau masalah pendengaran atau kuping. Anda disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter gigi anda jika anda mengalami hal-hal tersebut.

t. Aligner yang digunakan tidak sesuai dengan urutan yang dianjurkan dapat memperlambat perawatan dan terkadang menyebabkan ketidaknyamanan. Anda disarankan untuk selalu menggunakan Aligner sesuai dengan urutan yang dianjurkan dokter gigi anda.

u. Dalam beberapa kasus, gingival black triangle (celah antara gigi) dapat terlihat saat gigi anda telah rata. Hal ini disebabkan oleh gigi yang dulunya tumpang tindih sebelum diratakan dengan Aligner.

v. Hasil yang sudah dicapai setelah selesai perawatan dengan Aligner dapat kembali kepada keadaan semula (relapse) jika tidak menggunakan Retainer. Rata menganjurkan anda untuk membeli Retainer  melalui Situs.

w. Aligner berfungsi meratakan gigi. Aligner tidak merubah warna dan bentuk dari gigi anda. Suksesnya penggunaan Aligner tidak dapat dijamin oleh pihak manapun. Setelah selesai perawatan dengan Aligner, untuk beberapa kasus dapat memerlukan perawatan tambahan seperti Aligner tambahan, kawat gigi, dan/atau prosedur kosmetik seperti crown atau veneer untuk mencapai hasil yang ideal.

12.2. Potensi Risiko Penggunaan Produk Perawatan Gigi. Potensi Risiko sehubungan dengan penggunaan Produk Perawatan Gigi (tidak termasuk Aligner Tambahan):

a. Walaupun jarang, alergi terhadap material yang digunakan selama pemakaian Retainer dan/atau Bleaching.

b. Karena Retainer dan Bleaching digunakan di mulut, maka dapat secara tidak sengaja tertelan seluruh maupun sebagian.

 

13. PERSETUJUAN SETELAH PENJELASAN (INFORMED CONSENT)

13.1. Apabila anda bermaksud untuk membeli Aligner melalui Situs, maka anda diwajibkan untuk membaca lembar persetujuan setelah penjelasan (Informed Consent) yang terdapat di Situs (“Lembar Persetujuan”) dengan seksama. Anda berhak untuk memilih antara memberikan persetujuan atau tidak memberikan persetujuan terhadap Lembar Persetujuan.

13.2. Apabila anda memilih untuk memberikan persetujuan terhadap Lembar Persetujuan, maka anda menyatakan bahwa anda telah membaca, memahami dan selanjutnya menyetujui hal-hal yang terdapat pada Lembar Persetujuan. Namun, apabila anda tidak bersedia memberikan persetujuan terhadap Lembar Persetujuan, maka Rata berhak untuk membatalkan Pemesanan Aligner yang telah dilakukan.

Untuk menghindari keragu-raguan, kewajiban Rata dan/atau Dokter Gigi untuk mengirimkan Aligner kepada anda, bergantung pada persetujuan anda terhadap Lembar Persetujuan.

13.3. Anda dengan ini memahami bahwa diperlukan cetakan (impressions) dan foto (pemindaian intraoral, pemindaian model digital, radiografi (x-rays), dan/atau foto untuk diagnosa) terhadap gigi anda (“Informasi Medis”) yang akan diambil oleh Teman Rata dan selanjutnya diberikan kepada Dokter Gigi dan/atau produsen Aligner yang ditunjuk oleh Dokter Gigi. Dengan menandatangani Lembar Persetujuan, maka anda memberikan persetujuan kepada Rata untuk mengungkapkan Informasi Medis anda kepada Dokter Gigi dan/atau produsen Aligner yang ditunjuk oleh Dokter Gigi, sesuai dengan ketentuan yang terdapat dalam Lembar Persetujuan.

 

14. TEMAN RATA

14.1. Khusus untuk Pemesanan Aligner, Rata berdasarkan pertimbangannya yang mutlak, dapat menyediakan layanan Teman Rata untuk membantu anda menggunakan Box 1 dan Box 2. Tugas Teman Rata dalam membantu anda terbatas pada hal-hal sebagai berikut:

a. mengantarkan Box 1, membantu, mendampingi, memberikan panduan kepada anda dalam mencetak gigi anda dengan menggunakan alat-alat yang terdapat dalam Box 1 dan mengambil Informasi Medis lainnya (jika ada); dan

b. mengantarkan Box 2 yang berisikan Aligner kepada anda.

14.2. Anda dengan ini mamahami dan mengetahui bahwa Teman Rata bukanlah Dokter Gigi, dan dalam melakukan tugasnya, Teman Rata berpedoman pada standar operasional prosedur yang ditetapkan oleh Rata (“SOP Rata”) dan frequently asked questions yang terdapat pada Situs yang dapat dilihat di [https://rata.id/cara-kerja/] (“FAQ Rata”). Oleh karena itu, segala informasi, keterangan, dan atau tindakan Teman Rata selain dari yang tercantum pada SOP Rata dan FAQ Rata, merupakan tanggung jawab dari Teman Rata secara pribadi.

 

15. LARANGAN

Sehubungan dengan penggunaan Situs, anda dilarang untuk:

a. menciptakan dan/atau menggunakan perangkat, perangkat lunak (software), fitur dan/atau alat lainnya yang betujuan untuk memanipulasi pada Situs, termasuk namun tidak terbatas pada (i) manipulasi data Formulir; (ii) kegiatan peramban (crawling/scraping); (iii) kegiatan otomatisasi dalam pembayaran; dan/atau (iv) aktivitas lain yang secara wajar dapat dinilai sebagai tindakan manipulasi sistem;

b. memodifikasi segala bentuk digital dari materi apapun yang diambil dari Situs;

c. dengan cara apapun, menggunakan atau memperkenalkan, termasuk namun tidak tebatas pada, virus, worn, trojan horse, logger keystroke, spyware, atau fitur sejenis lainnya, yang dapat mengganggu, merusak, merugikan, mengambil alih sistem, jaringan atau data pribadi yang terdapat pada Situs;

d. berupaya mendapatkan akses illegal ke Situs, sistem komputer atau jaringan yang terhubung ke server Rata, melalui peretasan, penambangan kata sandi atau cara lain apa pun atau menggangu atau berusaha menggangu kerja Situs;

e. menghapus, menonaktifkan, merusak, atau mengganggu fitur-fitur terkait dengan keamanan dari Situs;

f. lisensi, sub-lisensi, menjual, menjual kembali, mentransfer, menetapkan, mendistribusikan, atau mengeksploitasi secara komersial atau membuat tersedia untuk pihak ketiga Situs;

g. memodifikasi atau membuat karya turunan berdasarkan materi pada Situs, atau medekompilasi, menguraikan, merekayasa baik membongkar atau mencoba untuk memperoleh kode sumber atau ide atau algoritme yang mendasari bagian mana pun dari Situs untuk membangun produk atau layanan yang kompetitif; membangun produk menggunakan ide, fitur, fungsi, atau grafik serupa dari Situs, atau menyalin ide, fitur, fungsi, atau grafik dari Situs; dan/atau

h. menyebabkan atau meluncurkan program atau skrip apapun dengan tujuan menggores, mengindeks, mensurvei, atau data lainnya menambang bagian manapun dari Situs.

 

16. GANTI RUGI

Anda wajib mengganti kerugian, membebaskan dan melindungi Rata dalam keadaan apapun termasuk, direksi, komisaris, pemegang saham, pengurus, karyawan, dan/atau afiliasinya dari dan terhadap setiap dan semua kerugian, kerusakan, tanggung jawab, pembayaran, kewajiban, dan pengeluaran (termasuk biaya dan pengeluaran jasa hukum yang wajar) yang langsung diderita atau ditanggung oleh Rata termasuk direksi, komisaris, pemegang saham, pengurus, karyawan, dan/atau afiliasinya yang timbul baik secara langsung maupun tidak langsung dari pelanggaran anda terhadap Syarat dan Ketentuan ini dan/atau ketentuan-ketentuan lainnya sehubungan dengan penggunaan Situs. Kewajiban untuk mengganti kerugian, membaskan dan melindungi Rata akan tetap berlaku meskipun Syarat dan Ketentuan ini telah berakhir.

 

17. CUSTOMER SERVICE

17.1. Rata menyediakan Customer Service untuk membantu anda dalam memberikan informasi dan keterangan sehubungan dengan kesehatan gigi, kegunaan Produk, dan ketersedian Produk yang dapat anda hubungi melalui email di hello@rata.id. Dalam memberikan informasi atau keterangan, Customer Service berpedoman pada SOP Rata dan FAQ Rata. Oleh karena itu, segala informasi atau keterangan yang diberikan oleh Customer Service merupakan informasi atau keterangan secara umum. Apabila ada memerlukan informasi atau keterangan secara detil dan menyeluruh, maka anda disarankan untuk melakukan konsultasi lebih lanjut dengan Dokter Gigi yang disediakan pada Situs.

17.2. Informasi atau keterangan yang diberikan Customer Service selain dari yang tercantum pada SOP Rata dan FAQ Rata, bukan merupakan tanggung jawab dari Rata. Anda dengan ini sepakat untuk membebaskan dan melepaskan Rata dari segala bentuk tanggung jawab terhadap seluruh atau sebagian dari kerugian atau hilangnya keuntungan langsung maupun tidak langsung, materiil maupun imateril yang timbul dari adanya tuntutan, gugatan, klaim dan/atau dakwaan, sehubungan dengan informasi yang anda peroleh dari Customer Service, sepanjang dapat dibuktikan bahwa informasi tersebut tidak sesuai dengan SOP Rata dan FAQ Rata.

 

18. HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL

Segala sesuatu mengenai Situs, termasuk namun tidak terbatas pada tulisan, gambar, logo, konten, fitur, dan perangkat lunak (software) adalah hak kekayaan intelektual Rata yang dilindungi berdasarkan hukum yang berlaku, termasuk namun tidak terbatas pada: (i) Undang-Undang No. 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta; (ii) Undang-Undang No. 13 Tahun 2016 Tentang Paten; (iii) Undang-Undang No. 20 Tahun 2016 Tentang Merek dan Indikasi Geografis; dan (iv) peraturan perundang-undangan lainnya yang relevan (“HKI Rata”). Anda hanya diperbolehkan untuk menggunakan HKI Rata untuk kepentingan pribadi dan bukan untuk tujuan komersil.

 

19. PERUBAHAN SYARAT DAN KETENTUAN

Rata berhak dan memiliki wewenang penuh, berdasarkan pertimbangannya yang mutlak,  untuk mengubah dan/atau menambahkan Syarat dan Ketentuan ini sewaktu-waktu, tanpa pemberitahuan tertulis sebelumnya. Setiap perubahan atas Syarat dan Ketentuan ini akan diumumkan melalui Situs dengan menerangkan tanggal terakhir setiap terjadi perubahan pada Syarat dan Ketentuan, pada bagian atas Syarat dan Ketentuan. Syarat dan Ketentuan yang baru akan berlaku efektif 24 (dua puluh empat) jam setelah diumumkan. Apabila anda tidak bersedia untuk terikat pada Syarat dan Ketentuan yang baru, maka anda tidak diperkenankan untuk menggunakan Situs lebih lanjut.

 

20. LAIN-LAIN

20.1. Hukum yang Berlaku. Syarat dan Ketentuan ini dan pelaksanaannya tunduk pada hukum negara Republik Indonesia

20.2. Penyelesaian Perselisihan. Para pihak sepakat bahwa setiap perbedaan, perselisihan, konflik atau kontroversi yang timbul sehubungan dengan Syarat dan Ketentuan ini dan penggunaan Situs (“Perselisihan”) akan diselesaikan secara musyawarah. Apabila dalam jangka waktu 30 hari, para pihak tidak dapat menyelesaikan Perselisihan, maka para pihak sepakat untuk menyelesaikan Perselisihan melalui BANI yang diselenggarakan di Jakarta, dengan 3 (tiga) orang arbiter yang ditunjuk sesuai dengan peraturan-peraturan administrasi dan peraturan-peraturan arbitrase BANI. Anda dengan ini sepakat bahwa keputusan yang diberikan oleh BANI sebagai keputusan tingkat pertama dan terakhir.

20.3. Keterpisahan. Apabila terdapat ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan ini yang dinyatakan tidak berlaku, melawan hukum ataupun tidak dapat dilaksanakan, dan selama bahwa hal-hal tersebut tidak mempengaruhi, membatalkan, atau menyebabkan ketentuan lain dalam Syarat dan Ketentuan ini tidak dapat dilaksanakan, maka ketentuan lain tersebut tetap berlaku sebagaimana mestinya.

20.4. Pasal 1266. Anda sepakat untuk mengesampingkan Pasal 1266 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata tentang pengakhiran atau pembatalan perjanjian tanpa keputusan hakim.

20.5. Lampiran. Seluruh lampiran dan dokumen yang dirujuk dalam Syarat dan Ketentuan ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Syarat dan Ketentuan ini dan oleh karena itu berlaku mengikat selayaknya perjanjian.

 

LAMPIRAN I

DAFTAR HARGA PRODUK PERAWATAN GIGI

Produk Perawatan Gigi Harga
Aligner Tambahan Rp300.000,- / Aligner Tambahan
Retainer Rp500.000, – / Retainer
Bleaching [akan ditentukan kemudian]

LAMPIRAN II

KEBIJAKAN PENGEMBALIAN PRODUK

  1. SYARAT PENGEMBALIAN PRODUK 

Demi alasan kesehatan, Pengembalian Produk hanya dapat dilakukan apabila memenuhi syarat-syarat di bawah ini:

a. dapat menunjukan Tanda Terima Pembayaran;

b. segel dan label masih lengkap;

c. keadaan produk belum dipakai/digunakan; atau

d. tetap dalam kondisi aslinya pada saat dikirimkan.

 

2. ALAMAT DAN WAKTU PENERIMAAN

2.1. Pengembalian Produk hanya dapat dikirimkan pada Hari Kerja ke alamat dan waktu penerimaan sebagai berikut:

Alamat : Jl. Wahid Hasyim No. 47, Lt. 5, Menteng, Jakarta Pusat, DKI Jakarta
Waktu Penerimaan : Pukul 09.00 WIB s/d 16.00 WIB

2.2. Pengiriman Pengembalian Produk selain alamat dan waktu penerimaan sebagaimana tertera di atas akan dianggap tidak diterima dan Rata tidak bertanggung jawab atas segala kehilangan baik seluruh atau sebagian Produk serta tidak berkewajiban untuk mengganti Produk.

2.3. Biaya-biaya yang timbul sehubungan dengan pengiriman Pengembalian Produk merupakan tanggung jawab anda. Oleh karena itu, Rata tidak berkewajiban untuk menanggung biaya-biaya yang timbul sehubungan dengan pengiriman Produk yang dikembalikan.

 

3. PEMERIKSAAAN PRODUK YANG DIKEMBALIKAN

Setelah Rata menerima Pengembalian Produk, Rata akan memeriksa kondisi Produk, pemeriksaan tersebut memerlukan waktu antara 5 (lima) sampai dengan 7 (tujuh) Hari Kerja.

×