icon
Rata
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/4 Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami, Praktis dan Mudah!/

4 Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami, Praktis dan Mudah!

4 Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami, Praktis dan Mudah!
dok. Freepik

Apakah kamu pernah mengalami gusi bengkak? Atau mungkin sedang mengalami pembengkakan pada gusi? Jangan khawatir, karena ada banyak cara mengobati gusi bengkak.


Saat mengalami pembengkakan pada gusi, aktivitas tentunya akan terganggu. Bukan hanya mulut saja yang terasa nyeri nyut-nyutan, namun makan dan minum pun akan kesulitan. Tak hanya itu, kamu juga akan kesulitan berbicara karena bengkak pada gusi bergesekan dengan pipi dalam.


Mengutip Healthline, salah satu penyebab gusi bengkak biasanya dipicu oleh kebersihan mulut yang buruk. Berikut ini beberapa hal yang bisa menyebabkan gusi bengkak, seperti peradangan gusi (gingivitis), malnutrisi, infeksi yang terjadi pada jaringan gusi, sensitivitas terhadap pasta gigi atau obat kumur, hingga sisa makanan yang tersangkut di celah gigi.


Untungnya, gusi bengkak yang gejalanya masih ringan bisa diatasi dengan bahan-bahan alami di rumah. Lantas, bagaimana cara alami mengobati gusi bengkak? Simak informasinya berikut ini.


Cara meredakan gusi bengkak secara alami


1. Kumur dengan air garam


Cara alami mengobati gusi bengkak yang pertama adalah dengan berkumur menggunakan larutan garam. Cara ini berpotensi dalam membantu meringankan rasa sakit dan meredakan bengkak pada gusi, karena garam bersifat menyerap air sehingga efektif membunuh bakteri jahat di dalam mulut.


Caranya, siapkan segelas air hangat dan tuangkan satu sendok garam ke dalamnya lalu aduk hingga rata. Setelah itu, kumur-kumur dengan larutan tersebut selama 30 detik, dan buang airnya. 


Saat melakukan cara ini, pastikan kamu tidak menelan air bekas kumur ya! Selain itu, kamu juga bisa melakukan cara ini 2-3 kali sehari sampai bengkak pada gusi mereda.


2. Kompres dengan es batu



Gusi bengkak karena gigi berlubang? Cobalah kompres dengan es batu. Rasa dingin dari es batu kabarnya bisa membuat saraf pemicu nyeri di sekitar area mulut jadi mati rasa. Selain itu, suhu dingin juga bisa memperlambat aliran darah yang menuju gusi bermasalah. Hal ini dapat membantu mengurangi bengkak, peradangan, dan nyeri pada gusi.


Tempelkanlah bungkusan es batu dalam waslap bersih di bagian pipi yang terasa sakit selama 5 menit. Ulangi cara ini selama 2-3 kali sehari, atau sampai rasa sakitnya mereda dan pembengkakan pada gusi perlahan hilang. 


3. Oleskan kunyit ke area gusi yang bengkak



Kunyit mengandung senyawa kurkumin yang diketahui berfungsi melawan bakteri penyebab infeksi gusi, serta bisa meredakan perdagangannya. Sebuah penelitian yang ditulis dalam Journal of Indian Society of Periodontology menunjukkan obat kumur dari sari kunyit berpotensi mencegah pembentukan plak di gigi dan risiko radang gusi (gingivitis).


Untuk mendapat manfaat baik dari kunyit, parut setengah ruas kunyit lalu campurkan dengan baking soda dan minyak kelapa. Aduk sampai rata hingga membentuk pasta atau krim kental. Oleskan krim tersebut ke area gusi gusi yang bengkak selama 10 menit. Setelah itu, kumur dengan air dan buang airnya. Pastikan kamu tidak menelan air bekas kumur ini ya!


4. Pakai teh celup



Cara alami mengobati gusi bengkak terakhir adalah dengan menggunakan teh celup. Siapkan sekantong teh segar dan rendam dalam air mendidih selama 5 menit. Setelah itu, diamkan kantong teh hingga dingin, lalu tempelkan ke area gusi yang bengkak selama 5 menit. 


Saat melakukan cara ini, pilihlah teh dengan kandungan zat tanin yang tinggi, seperti teh hitam atau teh hijau. Selain itu, kamu juga bisa memilih teh yang mengandung anti-inflamasi, seperti jahe dan chamomile. Ramuan anti-inflamasi ini kabarnya bisa menenangkan gusi yang bengkak. Sementara itu, kandungan tanin yang ada pada teh bisa menyerap apa pun yang menyebabkan iritasi pada gusi.


Itulah empat cara mengobati gusi bengkak secara alami yang mudah dilakukan. Jika kamu sudah melakukan cara-cara di atas namun gusi masih bengkak selama lebih dari seminggu, ada baiknya lakukan pemeriksaan ke dokter gigi terdekat. Kamu bisa melakukan check-up dengan dokter gigi Rata di Klinik Rata, karena Rata memiliki tim dokter gigi profesional berpengalaman yang siap membantu memperbaiki kondisi kesehatan gigi kamu.


Selain itu, Klinik Rata juga sudah tersebar di lebih 20 kota di Indonesia, sehingga mudah untuk kamu jumpai. Yuk, jadwalkan kedatanganmu ke Klinik Rata! Cek website dan Instagram @rata.id untuk info lengkapnya ya!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar