icon
Rata
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Yuk, Ketahui Serba-serbi Veneer untuk Mempercantik Tampilan Gigi!/

Yuk, Ketahui Serba-serbi Veneer untuk Mempercantik Tampilan Gigi!

Yuk, Ketahui Serba-serbi Veneer untuk Mempercantik Tampilan Gigi!
dok. Envato

Veneer gigi merupakan salah satu cara cepat dan efektif untuk menciptakan tampilan gigi yang lebih rapi dan menarik. Dengan memasang lapisan tipis veneer di atas gigi, tampilan gigi bisa langsung berubah, memberikan hasil yang cantik seperti yang sering kita lihat di iklan. 


Yakin, kamu sudah tahu betul apa sih veneer gigi, kegunaan, pantangan dan cara merawatnya? Simak artikel berikut, yuk!


Apa Itu Veneer Gigi?

Veneer gigi adalah semacam lapisan tipis yang dipasang di depan gigi untuk mempercantik tampilan gigi. Veneer seperti memberikan topeng pada gigi yang ada. Biasanya digunakan untuk menutupi gigi yang tidak rata, retak, atau warnanya tidak sama. 


Proses veneer melibatkan pengikisan sedikit dari gigi asli untuk membuat tempat bagi veneer baru. Jadi, setelah veneer dipasang, gigi akan terlihat lebih rapi dan lebih menarik. Itu sebabnya banyak orang memilih veneer untuk memperbaiki tampilan gigi mereka.


Baca juga: Wajib Tahu: Prosedur dan Perawatan Khusus Veneer Gigi

Prosedur
Veneer Gigi

Pemasangan veneer gigi adalah pilihan ideal bagi kamu yang kurang puas dengan tampilan gigi atau ingin memiliki senyum cantik berkilau. Kamu bisa melakukan pemasangan veneer, asalkan kondisi gigi dan gusi kamu dinyatakan sehat oleh dokter gigi.


Berikut prosedur irreversible (perubahan bentuk gigi yang tidak dapat dikembalikan seperti semula) veneer yang harus kamu perhatikan, ya! Orang-orang yang tidak dianjurkan menjalani veneer gigi adalah:

  • Orang yang enamel giginya sudah tergerus.

  • Orang dengan penyakit gusi atau kondisi gigi tidak sehat lainnya.

  • Orang yang memiliki gigi rapuh karena pembusukan, patah, atau tambalan.

  • Orang yang punya kebiasaan bruxism, alias menggesekkan gigi atas dan bawah.



Jenis
Veneer Gigi

Terdapat dua jenis veneer gigi, yaitu veneer porselen dan veneer komposit. Berikut penjelasan lengkapnya.


1. Veneer Porselen

Veneer porselen merupakan cangkang tipis yang dibuat khusus agar bisa direkatkan secara sempurna ke permukaan gigi. Kelebihan dari veneer porselen antara lain:

  • Lebih kuat, tidak mudah retak, dan tahan lama.

  • Menghasilkan permukaan gigi yang tampak alami.

  • Membutuhkan lebih sedikit enamel gigi yang perlu dihilangkan.

  • Tidak mudah kotor.


2. Veneer Komposit

Veneer komposit dibuat dari bahan pengisi berwarna seperti gigi alami yang direkatkan ke enamel gigi. Kelebihan dari veneer komposit adalah:

  • Biasanya enamel gigi yang perlu dihilangkan lebih sedikit dibandingkan veneer porselen.

  • Lebih sedikit kunjungan ke dokter gigi (terkadang hanya membutuhkan satu kunjungan).

  • Biayanya lebih murah daripada pelapis porselen.

  • Veneer mudah diperbaiki jika rusak.


Baca juga: Berapa Lama Veneer Gigi Bisa Bertahan?


Pantangan Saat Menggunakan Veneer Gigi

Adakah pantangan setelah melakukan tindakan veneer gigi? Nah, sebelum kamu memutuskan untuk melakukan prosedur veneer, penting untuk mengetahui beberapa pantangan atau hal yang perlu dihindari. 

  1. Meski veneer gigi bisa digunakan untuk makan dan menggigit pada umumnya, sebaiknya hindari tekstur makanan yang terlalu keras atau lengket setelah pemasangan veneer, ya. Pasalnya, hal ini berpotensi merusak atau mengganggu lapisan veneer

  2. Hindari kebiasaan menggigit benda keras atau kuku saat menggunakan veneer.

  3. Hindari kebiasaan mengunyah makanan dengan gigi palsu veneer bagian depan.


Dengan menghindari pantangan ini, kamu dapat memastikan bahwa veneer gigi tetap awet dan memberikan hasil yang optimal dalam jangka panjang.


Baca juga: 3 Treatment Gigi Paling Populer di Kalangan Gen Z Saat Ini


Komplikasi veneer gigi

Meskipun veneer dapat memberikan penampilan gigi yang lebih baik, namun ada beberapa kemungkinan komplikasi yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah kerusakan pada gigi di bawah lapisan veneer dan tipisnya enamel gigi akibat pengikisan saat persiapan pemasangan veneer. Hal ini dapat membuat gigi menjadi lebih sensitif dari sebelumnya. 


Lalu, kemungkinan terjadinya retak atau kerusakan pada veneer, terutama jika terkena tekanan berlebihan atau digunakan untuk mengunyah benda keras. Selain itu, terkadang veneer bisa terlepas dari gigi jika pemasangannya tidak sempurna atau jika tidak dirawat.


Untuk mengurangi risiko komplikasi, penting untuk memilih dokter gigi berpengalaman, mengikuti panduan perawatan yang diberikan setelah pemasangan veneer, dan menjaga kebersihan gigi secara teratur.


Cara merawat gigi setelah veneer

Perawatan veneer gigi cukup mudah, kok. Setelah prosedur veneer gigi dilakukan, kamu akan menjalani masa pemulihan yang cenderung lebih cepat dibanding tindakan medis gigi lain. Biasanya, kamu juga bisa langsung makan atau minum secara normal. Namun, gigi yang baru ditempeli veneer mungkin akan terasa aneh dan kasar, karena adanya sisa-sisa semen yang menempel dan mengering di permukaan. Kamu tidak perlu khawatir karena sisa-sisa semen tersebut akan hilang dengan sendirinya. 


Setelah veneer, terdapat beberapa cara merawat gigi yang bisa kamu lakukan agar veneer porselen maupun komposit dapat bertahan lebih lama. Berikut panduan perawatan veneer gigi:

  • Tidak memakai gigi untuk membuka bungkusan makanan atau apapun menggunakan gigi.

  • Gunakan pelindung mulut untuk menjaga gigi saat berolahraga berat, seperti basket, bela diri, sepak bola, dan tinju.

  • Menjaga kebersihan gigi dengan menyikat gigi secara teratur, minimal dua kali sehari dengan pasta gigi yang mengandung fluoride. 

  • Melakukan kunjungan rutin ke dokter gigi untuk pemeriksaan dan membersihkan gigi secara profesional. 


Itulah informasi tentang veneer yang perlu kamu ketahui. Veneer mampu membuat gigi terlihat lebih putih, rata, dan berkilau. 


Tertarik untuk melakukan perawatan veneer gigi? Yuk, ke klinik berikut!


Rekomendasi Klinik Gigi & Clear Aligners Terdekat

Cari tahu daftar alamat Klinik Rata terdekat di sekitarmu jika ingin berkonsultasi dengan dokter gigi, ya!


Rata.id Clinic Center | Klinik Gigi & Clear Aligners

Kunjungi dokter gigi Rata terdekat di Pakubuwono, Kebayoran Baru untuk konsultasi mengenai perawatan aligner gigi atau masalah kesehatan gigi dan mulut lainnya.


Alamat: Jl. Pakubuwono VI No.71, RT.11/RW.2, Gunung, Kebayoran Baru, Jakarta, 12120


Smile Dental Clinic Gunawarman

Mencari klinik gigi di sekitar Jakarta Selatan? Smile Dental Clinic Gunawarman akan menawarkan pengalaman konsultasi dokter gigi yang lebih menyenangkan!


Alamat: Jl. Gunawarman No.75 3, RT.3/RW.7, Rw. Bar., Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12180


Rata.id Surabaya, Jawa Timur | Klinik Gigi & Clear Aligners

Tinggal di luar Jabodetabek? Tenang! Klinik Rata juga tersedia di area kota Surabaya dan sekitarnya. Kunjungi dokter gigi Rata di alamat berikut, ya.


Alamat: Jl. Biliton No.43, RT.002/RW.07, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60281


Hubungi tim Rata dengan klik tombol WhatsApp di bawah layar, ya!




komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar