icon
Rata
Homepage/Artikel/Review Rata/Atasi Gigi Crossbite, Bisakah Tidak Pakai Kawat Gigi?/

Atasi Gigi Crossbite, Bisakah Tidak Pakai Kawat Gigi?

Miliki Senyum Impianmu!
dok. Rata Indonesia


Hi aku Anggitha Robbani! Setelah menyerah pakai behel karena gusiku yang robek terkikis kawat, aku memutuskan untuk pakai aligner Rata. Aku sendiri sudah selesai perawatan, dan ingin menceritakan pengalamanku lewat review Rata.id!


Sebelumnya, posisi gigiku nggak ideal. Ada bagian gigi atas yang posisinya malah di belakang gigi bawah, dan gigi seri depanku terlihat lebih maju dibanding yang lain. Kasus ini disebut crossbite. Karena jelas sudah mengganggu penampilanku, aku mutusin untuk ngeratain gigi.


Karena nggak cocok pakai kawat, suamiku menyarankan untuk coba aligner Rata. Dari situ, aku mikir dan menimbang-nimbang cukup lama, nggak mau kejadian yang sama kayak pas pakai kawat gigi terulang.


Setelah yakin dengan perawatannya, aku chat tim Rata untuk book konsultasi dokter gigi. Seneng banget pas tau ternyata perawatannya itu bisa dari rumah aja, mulai dari konsultasi dokter gigi online, cetak gigi di rumah sampai akhirnya aligner dikirim ke rumahku.


Ini bener-bener ngebantu aku saat mulai perawatan di tengah-tengah pandemi Covid-19. Cocok juga buat orang yang sibuk, yang nggak mau atau nggak bisa bolak-balik kontrol ke klinik gigi tiap bulan.


Baca juga: Gigi Crossbite Mengkhawatirkan, Jessica Hartono Atasi Pakai Aligner™ Rata


Cetak Gigi dari Rumah

Cetak gigi dari rumah itu seperti apa sih? Jadi, aku dikirimin box perlengkapan buat cetak gigi sendiri pakai putty. Jujur aja, agak deg-degan ya harus cetak gigi sendiri. Tapi prosesnya ini disupervisi oleh dokter gigi secara online, bikin aku ngerasa lebih aman.


Setelah aku cetak gigi sendiri, aku kirim lagi ke tim Rata hasil cetakannya. Mereka akan scan hasil cetak gigiku dan aku dikirim 3D video simulasi pergerakan gigiku. Jadi dikasih liat kira-kira seperti apa sih perubahan gigiku.


Setelah aku setuju sama hasil 3D video, tim Rata lanjut proses pencetakan clear aligners untukku. Nggak lama, paket set aligner aku sampai dan aku mulai perawatan meratakan gigi tanpa behel. Surprisingly, perawatanku itu cukup cepat. Baru 2 bulan pakai rutin selama 22 jam sehari, aku udah ngeliat perubahannya.


Hasil dan Pasca Mengobati Gigi Crossbite

Aku lanjut pakai aligner Rata selama setahun. Kenapa agak lama? Sebetulnya dalam 3-6 bulan* aja gigiku udah rata, tapi untuk pengecekan terakhir itu harus datang ke klinik untuk dipastikan kalau perawatanku udah selesai dan hasilnya sesuai ekspektasi.


Karena saat itu, di daerah tempat tinggalku nggak ada Klinik Rata atau klinik mitra Rata, jadilah aku pakai aligner lebih lama, dan pengecekan terakhir itu aku tunda sampai balik ke Bandung. Untungnya gigi crossbite aku yang udah rata susunannya gak balik berantakan lagi.


Walaupun sempat gak yakin aligner Rata bisa mengobati gigi crossbite aku, tapi hasil yang aku dapat selama perawatan itu sangat memuaskan. Coba kalau aku nggak nemu perawatan alternatif mengobati crossbite selain behel, mungkin aja gigiku masih numpuk-numpuk atau bahkan lebih parah.


Sekarang pastinya aku ngerasa lebih peracaya diri untuk tersenyum lebar. Nggak malu kalau harus nunjukin gigiku, karena udah rata sesuai impian.


Baca juga: Direkomendasiin Teman, Emangnya Aligner™ Rata Beneran Efektif Buat Gigi Renggang?




Rekomendasi Klinik Gigi & Clear Aligners Terdekat

Simak daftar alamat Klinik Rata terdekat di sekitarmu jika ingin berkonsultasi dengan dokter gigi, ya!


Rata.id Clinic Center | Klinik Gigi & Clear Aligners

Kunjungi dokter gigi Rata terdekat di Pakubuwono, Kebayoran Baru untuk konsultasi mengenai perawatan aligner gigi atau masalah kesehatan gigi dan mulut lainnya.


Alamat: Jl. Pakubuwono VI No.71, RT.11/RW.2, Gunung, Kebayoran Baru, Jakarta, 12120


Rata.id Gading Serpong, BSD | Klinik Gigi & Clear Aligners

Mencari klinik gigi di BSD? Klinik Rata Gading Serpong hadir untuk menjawab kebutuhan akan kesehatan gigi dan mulut kamu. Jangan sungkan untuk berkonsultasi mengenai perawatan untuk meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Aligners™ Rata, ya!


Alamat: Ruko Mendrisio 2, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong, Banten, Kelapa Dua, Banten 15810

Rata.id Surabaya, Jawa Timur | Klinik Gigi & Clear Aligners

Tinggal di luar Jabodetabek? Tenang! Klinik Rata juga tersedia di area kota Surabaya dan sekitarnya. Kunjungi dokter gigi Rata di alamat berikut, ya.


Alamat: Jl. Biliton No.43, RT.002/RW.07, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60281


Segera jadwalkan kedatanganmu ke Klinik Rata! Cek website Rata dan Instagram @rata.iduntuk info lengkap. Hubungi tim Rata dengan klik tombol WhatsApp di bawah layar, ya!


komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar